Hukum dan Kriminal

Nama Warek I Unuja Probolinggo Dicatut Penipu, Dosen Jadi Korban

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:45 | 21.97k
Humas Universitas Nurul Jadi memberi pengumuman kewaspadaan terhadap aksi penipuan yang menyasar dosen, dengan mengatasnamakan Wakil Rektor I Unuja Probolinggo (Foto: Iqbal/TIMES Indonesia)
Humas Universitas Nurul Jadi memberi pengumuman kewaspadaan terhadap aksi penipuan yang menyasar dosen, dengan mengatasnamakan Wakil Rektor I Unuja Probolinggo (Foto: Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Nama Wakil Rektor I Universitas Nurul Jadid atau Unuja Probolinggo, Jawa Timur, M. Noer Fadli Hidayat dicatut penipu. Pelaku mengirim pesan pribadi kepada sejumlah dosen di lingkungan kampus berbasis pesantren tersebut. 

Seorang dosen dilaporkan menjadi korban dengan kerugian hingga Rp 12 juta. Korban melakukan 2 kali transfer ke nomor rekening yang ditunjuk pelaku, dengan nominal masing-masing Rp 8 dan Rp 4 juta pada Sabtu (18/5/2024). 

Modus penipuan ini diketahui pada Sabtu (18/5/2024). Pelaku mengirim pesan kepada sejumlah dosen, dengan menggunakan nama dan foto Wakil Rektor I Unuja Probolinggo, M. Noer Fadli Hidayat yang membidangi kurikulum dan SDM. 

Kemudian pada Rabu (22/5/2024), sejumlah dosen di lingkungan Unuja Probolinggo kembali menerima pesan serupa. Adapun isi pesannya sebagai berikut:

Assalamu'alaikum wr. wb. selamat sore.!
saya Pak.Noer Fadli Hidayat.M.Kom. (WR 1 UNUJA) Menindak lanjuti undangan seminar yang saya terima dari DITJEN DIKTIRISTEK .

Kepada Yth.
(Nama dosen, lengkap dengan gelar) 
ID.Peserta. 09998177.


Dalam rangka akan diadakan kegiatan Seminar Nasional dengan Tema "PENINGKATAN KINERJA PERGURUAN TINGGI MELALUI BUDAYA MUTU" Melalui pesan singkat ini, bermaksud untuk menugaskan (Bpk) agar dapat ikut berpartisipasi di acara seminar yang di maksud, sebagai salah satu perwakilan (UNUJA). Terkait biaya transportasi & akomodasi untuk peserta, di tanggung oleh pihak penyelenggara (Ditjen Diktiristek). Saya berharap (Bpk) berkenan bisa hadir dalam acara seminar ini.


Mengingat pentingnya agenda tersebut, saya menginstruksikan untuk konfirmasi kehadiran sekaligus penerimaan dana transportasi & akomodasi. Dapat menghubungi ketua panitia pelaksana.!
(Prof.Sofyan Effendi,Ph.D)
wa.me/6285215291370.
Segera mengkonfirmasi beliau sekarang, sudah ditunggu.


Harap ke ruang kantor pada hari Senin jam 10 pagi, mohon maaf saat ini saya ada acara di luar kota.
Demikian perihal ini saya sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya saya ucapkan terima kasih.
Salam. Pak. Noer Fadli Hidayat

 

"Ada yang sampai jadi korban. Transfer uang Rp 12 juta," kata Noer Fadli Hidayat kepada TIMES Indonesia. Korban mentransfer uang setelah menghubungi nomor yang tertera dalam pesan.

Semula, korban berusaha menelepon nomor yang mencatut nama dan foto Warek I Unuja Probolinggo. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa pengirim pesan betul-betul Noer Fadli Hidayat. Namun, usaha ini tak berhasil karena panggilan selalu ditolak. 

Kepada korban, pelaku berkilah sedang rapat bersama seorang profesor, sehingga tak bisa menerima panggilan telepon. Korban dianjurkan menghubungi nomor yang tertera dalam pesan pribadi.

Nah, melalui sambungan telepon inilah, korban tertipu hingga dua kali melakukan transfer dengan total Rp 12 juta.

Atas peristiwa tersebut, M. Noer Fadli Hidayat melapor Polres Probolinggo melalui Pusat Bantuan Hukum atau Posbankum Unuja Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES