Hukum dan Kriminal

5 Fakta Menarik Penggerebekan Pabrik Narkoba di Pusat Kota Malang

Selasa, 02 Juli 2024 - 22:58 | 20.93k
Ilustrasi narkoba. (FOTO: Freepik)
Ilustrasi narkoba. (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, MALANG – Penggerebekan pabrik narkoba di pusat Kota Malang, tepatnya di Jalan Bukit Barisan No 2, Kecamatan Klojen, mengejutkan warga setempat. Bahkan kini menjadi perbincangan serius di kota pendidikan ini.

Berikut adalah lima fakta penting mengenai kejadian yang terjadi pada Selasa (2/6/2024) siang ini:

1. Lokasi Penggerebekan di Pusat Kota

Penggerebekan dilakukan di sebuah rumah yang berlokasi strategis di Jalan Bukit Barisan No 2, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Lokasi ini merupakan pusat kota yang ramai dan padat penduduk, menjadikannya tempat yang tidak terduga untuk aktivitas ilegal semacam ini. Fakta ini mengejutkan banyak pihak mengingat biasanya pabrik narkoba beroperasi di tempat yang lebih tersembunyi.

2. Mesin Produksi Dipantau Sejak dari Cengkareng

Mesin produksi yang digunakan dalam pabrik ini telah dipantau oleh bea cukai dan Mabes Polri sejak dari Cengkareng. Mesin tersebut diduga kuat digunakan untuk mencampur tembakau gorila dengan bahan kimia lainnya guna menghasilkan narkoba. Pemantauan ketat ini menunjukkan bahwa pihak berwenang sudah lama mencurigai aktivitas di rumah tersebut.

3. Lima Tersangka Berhasil Diamankan

Dari penggerebekan ini, polisi berhasil mengamankan lima orang tersangka. Semua tersangka berasal dari Bekasi dan diduga berperan sebagai kurir yang membawa mesin dan bahan baku ke lokasi. Meski demikian, identitas pemilik atau bos dari pabrik gelap ini masih belum diketahui dan sedang dalam proses pencarian.

4. Proses Produksi Baru akan Dimulai

Penggerebekan ini terjadi pada tahap awal produksi narkoba. Mesin dan bahan baku baru saja tiba di rumah tersebut dan langsung diketahui oleh pihak bea cukai dan Mabes Polri. Fakta ini menunjukkan kecepatan dan keefektifan tindakan pihak berwenang dalam menggagalkan produksi narkoba di lokasi tersebut.

5. Jenis Narkoba Berbahan Tembakau Gorila

Mesin yang ditemukan di TKP adalah alat untuk mencampur tembakau gorila dengan bahan kimia tertentu untuk menghasilkan zat yang fungsinya mirip dengan sabu-sabu. Tembakau gorila adalah jenis narkotika sintetis yang memiliki efek sangat kuat dan berbahaya. Meskipun bukan sabu-sabu, efek dari tembakau gorila sama berbahayanya bagi pengguna.

Penggerebekan pabrik narkoba di pusat Kota Malang ini menunjukkan bahwa ancaman narkoba bisa muncul di mana saja. Bahkan di tempat yang tidak terduga sekalipun. 

Kerjasama antara Bea Cukai dan Mabes Polri berhasil menggagalkan produksi narkoba sebelum sempat beredar di masyarakat. Pihak kepolisian terus mendalami kasus ini untuk mengungkap jaringan lebih luas dan mencari dalang di balik operasi pabrik gelap ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES