Politik

Elektabilitas di Survei Meningkat, Prabowo-Gibran Optimistis Menang

Senin, 11 Desember 2023 - 18:35 | 40.22k
Prabowo Subianto. (Foto: Dokumen)
Prabowo Subianto. (Foto: Dokumen)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal ini terungkap dari hasil survei terbaru yang dikeluarkan Populi Center pada Senin, (11/12/2023).

Berdasarkan hasil survei Populi Center yang dilakukan pada rentang waktu 28 November hingga 5 Desember 2023, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 46,7 persen. Sementara elektabilitas 2 rivalnya yakni, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin berada pada angka yang hampir sama, dengan capaian 21,7 persen.

"Data menunjukkan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapat elektabilitas tertinggi dengan 46,7 persen. Di urutan selanjutnya pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat angka yang sama, yakni sebesar 21,7 persen," kata Dimas Ramadhan dalam paparannya, Senin (11/12/2023).

Sementara itu, dalam survei ini sebanyak 8,1 persen responden belum memutuskan, dan 1,8 persen menolak untuk memberikan jawaban. Dimas Ramadhan, selaku Manajer Riset Populi Center, menjelaskan bahwa dari tiga pasangan calon tersebut, hanya nomor urut 2 yang mengalami peningkatan tren elektabilitas dibanding survei sebelumnya.

Dimas juga menyatakan bahwa Prabowo dan Gibran mendominasi dalam sebelas kategori akseptabilitas yang diungkapkan. Kategori-kategori tersebut meliputi kemampuan menjaga stabilitas keamanan, penerimaan yang baik dari kalangan milenial dan gen Z, kemampuan pemerintahan, penanganan korupsi, hingga penyelesaian pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Prabowo dan Gibran juga mendominasi sebelas kategori akseptabilitas yang ditanyakan," sambungnya.

Selain itu, ada pula penilaian terhadap komitmen terhadap perjuangan Palestina, peningkatan ekonomi Indonesia, penurunan tingkat kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, pengendalian harga-harga, dan menjaga toleransi. 

Menurut Dimas, peningkatan elektabilitas pasangan calon nomor urut 2 ini juga terjadi khususnya dalam aspek dukungan dari kalangan milenial, ditambah dukungan dari pemilih NU dan yang sebelumnya mendukung Presiden Joko Widodo.

Kondisi yang sama juga disampaikan oleh survei yang dikeluarkan Litbang Kompas di mana elektabilitas pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming menempati urutan pertama. 

Menurut hasil survei terbaru itu, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming memperoleh dukungan sebesar 39,3% dalam Pilpres 2024. Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) memperoleh 16,7% dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapat 15,3%.

Survei tersebut juga menggambarkan distribusi dukungan untuk setiap kandidat di kawasan Bali dan Nusa Tenggara (Nusra). Menurut survei yang dilakukan pada Desember 2023, elektabilitas pasangan Prabowo unggul dengan 57% di Bali-Nusra.

Survei Litbang Kompas ini dilakukan pada rentang waktu 29 November hingga 4 Desember 2023 terhadap 1.364 responden yang dipilih secara acak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95%, dengan margin of error sekitar +-2,65%.

Berkaca dari elektabilitas pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang semakin meningkat menunjukkan bahwa, masyarakat semakin percaya terhadap keduanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES