Indonesia Positif Universitas Islam Malang

PPL Berbasis Lesson Study Ala Universitas Islam Malang

Selasa, 05 September 2017 - 08:27 | 43.35k
Kegiatan guru menjelaskan materi ke salah satu kelompok. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
Kegiatan guru menjelaskan materi ke salah satu kelompok. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

Kecil Besar

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa khususnya jurusan pendidikan. Dalam kegiatan PPL ini tidak pernah lepas dari yang namanya kesulitan-kesulitan, baik ketika menyiapkan perangkat, ketika proses pembelajaran, maupun kegiatan setelah pembelajaran. 

Kesulitan seperti inilah yang banyak dialami para mahasiswa PPL terutama PPL FKIP jurusan Matematika Universitas Islam Malang.

Advertisement

Berkaitan dengan hal tersebut, Universitas Islam Malang menerapkan model Lesson Study di dalam kegiatan mahasiswa PPL. Dengan diterapkannya model ini, diharapkan mahasiswa PPL Universitas Islam Malang akan lebih siap menjadi seorang guru yang memiliki kompetensi, baik kompetensi pedagogik,  kepribadian,  sosial, maupun profesional. 

PPL FKIP jurusan Matematika Universitas Islam Malang melaksanakan Lesson Study di MTs. Al-Ma'arif 01 Singosari, Rabu (30/8/2017) lalu. Lesson Study dimulai pada jam 07.00 - 08.35 dan dilaksanakan di kelas 8E dengan materi Relasi dan Fungsi.  

Lesson-Study-unismapKG.jpgPara observer sedang bertugas mengamati dan menilai Lesson Study

Dalam pelaksanaan Lesson Study dibentuk tim kolaboratif dimana yang menajdi guru model adalah Wildan Nurul Islam, observer teman sesama yaitu Ismatun Nisak, Shofwatur Rahmah A., dan Ahmadillah, observer dari pihak guru pamong terdapat Afif Hidayatullah, S.Pd ; Dwi Retno Palupi, M.Pd ; dan Dra. Sulistiawati; tak lupa juga turut serta H.Basuki, S.Pd.I selaku bapak kepala sekolah. Kemudian observer dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Isbadar Nursit, S.Pd, M.Pd. 

Lesson Study ini memiliki 3 tahapan. Tahap pertama adalah melakukan perencanaan dimana pada tahap ini para tim dari jurusan matematika berkolaborasi untuk menyusun Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) yang mencerminkan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, kemudian tahap kedua adalah tahap Pelaksanaan, dan yang terakhir tahap Refleksi. 

"Semoga dari revisi-revisi tentang Lesson Study yang sudah berlangsung tadi bisa menambah pengetahuan kita dan jadi pembelajaran buat kita untuk ke depannya menjadi seorang guru yang berkualitas," kata Afif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES