Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

ITNY Rintis Kerjasama dengan Kabupaten Gorontalo

Sabtu, 16 November 2019 - 18:27 | 124.03k
Bupati Gorontalo, Prof Dr Ir Nelson Pomalingo M.Pd saat menyampaikan materi pada kuliah umum di kampus ITNY, Kamis (14/11-2019). (FOTO: Humas ITNY/TIMES Indonesia)
Bupati Gorontalo, Prof Dr Ir Nelson Pomalingo M.Pd saat menyampaikan materi pada kuliah umum di kampus ITNY, Kamis (14/11-2019). (FOTO: Humas ITNY/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) ingin berkontribusi terhadap proses pembangunan di daerah. Sebagai bentuk keseriusannya, ITNY menjalin kerjasama dengan Kabupaten Gorontalo. Penjajakan kerjasama ini dimulai dengan menghadirkan Bupati Gorontalo, Prof Dr Ir Nelson Pomalingo M.Pd sebagai dosen tamu pada kuliah umum di kampus ITNY, Kamis (14/11-2019).

Dalam kesempatan itu, Nelson menyampaikan potensi daerah Kabupaten Gorontalo kepada civitas akademika ITNY. Kuliah umum bertema Rencana Pembangunan Limboto Agro Techno Park yang akan didirikan di wilayah Kabupaten Gorontalo. Hadir pada kuliah umum ini, Rektor ITNY, Dr Ir H Ircham MT beserta jajaran pimpinan dan dosen di lingkungan ITNY.

ITNY-2.jpg

Nelson memaparkan, visi dan misi Kabupaten Gorontalo yaitu Kabupaten Gorontalo Gemilang untuk mewujudkan masyarakat madani. Sedangkan visi ini ditetapkan berdasarkan arah pembangunan nasional, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), serta Rencana Pembangunan Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Gorontalo 2005-2025.

“Pemkab Gorontalo bertekad menurunkan angka kemiskinan yang masih tinggi, khususnya pada kelompok usaha perikanan dan pertanian. Kemudian, menurunkan angka pengangguran, meminimalisir ketimpangan pendapatan dan terus melakukan pembangunan infrastruktur pedesaan,” papar Nelson.

Kepala Lembaga Kerjasama ITNY, Janny F. Abidin mengatakan, ITNY siap bekerjasama dengan Kabupaten Gorontalo dalam pengembangan sektor pertanian, perikanan, peternakan, dan pariwisata laut.

ITNY-3.jpg

“ITNY memiliki aplikasi tenaga hybrid. Aplikasi tenaga hibrid ini menjadi salah satu produk yang dihasilkan melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ITNY yang memiliki orientasi pengembangan Technopreneurship dalam energi terbarukan,” jelas Abidin.

Rektor ITNY Dr Ir H Ircham MT menyambut baik kehadiran Bupati Gorontalo ke Kampus ITNY. Menurutnya, Nelson merupakan kepala daerah kedua di Provinsi Gorontalo yang berkunjung ke Kampus ITNY setelah Bone Bolango beberapa waktu  lalu.

Seperti bupati sebelumnya, Nelson ingin memesan satu mobil listrik karya mahasiswa ITNY setelah  menyempatkan diri melihat para mahasiswa merakit mobil listrik.

Ia menerangkan, kunjungan perdana ini sekaligus menjadi ajang untuk merintis kerjasama antara Kampus ITNY dan Kabupaten Gorontalo. Beberapa bidang yang akan dikerjasamakan antara kampus ITNY dan Kabupaten Gorontalo terutama terkait tata ruang dan smart city, energi terbarukan, geopark dan technopark, serta peningkatan SDM.

Kunjungan dan kuliah umum Bupati Gorontalo ke kampus ITNY tersebut ditutup dengan kunjungan ke Jogja Agro Tekno Park (JATP) dan Desa Hibrid Energi Pantai Kuwaru, Pandansimo Bantul Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-12 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES