Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Penyuluhan Stunting Menjadi Fokus Utama KKN Unisma Malang

Rabu, 19 Februari 2020 - 11:38 | 59.10k
Pelaksanaan kegiatan penyuluhan stunting bersama kader PKK. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Pelaksanaan kegiatan penyuluhan stunting bersama kader PKK. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – 11 mahasiswa Unisma Malang yang tergabung dalam kelompok 60 Kuliah Kerja Nyata melaksanakan penyuluhan Stunting sebagai salah satu program kerja unggulan di Desa Amadanom Kecamatan Dampit Kabupaten Malang, Jumat (14/02).

Elis, pejabat Desa dan ketua Pemberdaya Kesejahteraan Keluarga (PKK) hadir dalam kegiatan tersebut. Tampak pula 28 orang wanita yang hadir terdiri dari wanita usia subur, ibu hamil serta ibu-ibu yang memiliki anak balita.

Advertisement

penyuluhan-stunting-2.jpg

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI unisma.ac.id

Penyuluhan mencakup pentingnya menjaga kesehatan tubuh, anak dan balita, dan kebersihan lingkungan. Penyuluhan ini bertujuan untuk mengedukasi dan sharing tentang bahaya stunting dan dampak negatif dari sanitasi terhadap kesehatan anak dan lingkungan, dilihat dari kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan.

Stunting itu sendiri adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang lama. Hal ini dapat terjadi apabila asupan makanan yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

“Banyak faktor yang dapat menyebabkan anak mengalami stunting, diantara nya ketahanan pangan dan akses terhadap pangan (makanan) yang tidak memadai, praktik pemberian makanan (pengasuhan) yang buruk, serta kesehatan lingkungan yang meliputi tersedianya sarana air bersih dan sanitasi (lingkungan)," kata Elis.

Ia mengungkapkan di desa ini sebenarnya sudah melakukan pencegahan salah satunya dengan memperbaiki sanitasi seperti selokan yang bersih tidak ada sampah, saluran air yang baik, serta tempat sampah yang tersedia agar masyarakat terhindar dari penyakit.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI unisma.ac.id

Penyuluhan yang digelar kelompok 60 KKN Unisma Malang ini berlangsung lancar mengingat antusiasme warga yang cukup besar untuk menambah wawasan mereka tentang pentingnya mencegah stunting sejak dini. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES