Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Kelompok 54 KKN Unisma Malang Inisiasi Kampung Stroberi di Desa Tamankuncaran

Rabu, 26 Februari 2020 - 13:48 | 109.84k
Pak Wagiyo Ketua Kelompok Tani Desa Tamankuncaran memberikan bimbingan perawatan stroberi. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Pak Wagiyo Ketua Kelompok Tani Desa Tamankuncaran memberikan bimbingan perawatan stroberi. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Kelompok 54 KKN Unisma Malang dilaksanakan di Desa Tamankuncaran, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang.

Desa ini berada di kaki Gunung Semeru, daerah subur yang cocok untuk lahan pertanian, perkebunan, peternakan dan lain sebagainya.

Advertisement

Lokasi yang mendukung tersebut dikarenakan Desa Tamankuncaran ini terletak daerah dataran tinggi dan beriklim tropis, sehingga cocok ditanami berbagai jenis tumbuhan.

Di desa ini masyarakat yang tergabung dalam organisasi kelompok tani pada umumnya bercocok tanam berupa singkong, jagung, tomat, stroberi dan lain-lain.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Salah satu komoditas unggulan dan memiliki potensi yang baik dari desa Tamankuncaran tersebut yaitu tanaman stroberi yang berada di RT. 09.

Namun, masyarakat masih belum mempunyai inisiatif untuk menjadikan bagian dari desa tersebut menjadi kampung stroberi.

Berdasarkan permasalahan tersebut program kerja mahasiswa KKN Unisma kelompok 54 mengangkat Pengembangan budidaya stroberi berbasis barcode yang memuat tautan tutorial budidaya guna meningkatkan pariwisata desa sebagai fokus dalam program kerja mereka.

Mahasiswa KKN Unisma kelompok 54 bekerja sama dan menggerakkan kelompok Tani Desa Tamankuncaran untuk mewujudkan Kampung Stroberi sebagai salah satu pariwisata unggul desa. 

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Wagiyo sebagai ketua Kelompok Tani Desa Tamankuncaran memberikan pengajaran dan bimbingan mengenai budidaya dan perawatan stroberi yang baik. Dari ilmu tersebut kelompok 54 membuat tutorial budidaya dan perawatan yang dimuat dalam bentuk video tutorial, tutorial grafis, dan tutorial tertulis.

Kelompok 54 kemudian membuat barcode yang apabila discan akan memuat tautan dari tutorial tersebut. Nantinya Mahasiswa KKN Unisma Kelompok 54 akan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan penggunaan barcode tersebut.

Hal yang diharapkan oleh mahasiswa KKN Unisma Malang kelompok 54 yaitu agar membantu warga dalam budidaya stroberi dengan media yang praktis, mudah dipahami dan mudah diakses. Sehingga nantinya akan meningkatkan produktivitas stroberi dari desa tersebut, sehingga nantinya terwujud Kampung Strawberry pada Desa Tamankuncaran. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES