Indonesia Positif Universitas Islam Malang

FAI Unisma Malang Perkuat Karakter Mahasiswa Melalui Kegiatan Pramuka

Rabu, 26 Februari 2020 - 15:08 | 97.81k
Penyerahan Panji Bendera Pelatihan dari Kapusdiklatcab Witaraga kepada Pelatih KMD sebagai Simbol Dimulainya Kegiatan Pelatihan KMD. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Penyerahan Panji Bendera Pelatihan dari Kapusdiklatcab Witaraga kepada Pelatih KMD sebagai Simbol Dimulainya Kegiatan Pelatihan KMD. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Agama Islam Unisma Malang menggandeng Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Malang menggelar kegiatan kepramukaan sebagai sarana pembentukan militansi karakter mahasiswa.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kegiatan kepramukaan di tahun keempat ini, diikuti oleh 245 peserta dari Program Studi Pendidikan Agama Islam sebanyak 193 mahasiswa, dan dari Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 52 mahasiswa yang bertempat di Unisma Malang.

Penyelenggaraan kegiatan pramuka di tahun ini, menggunakan dua model pembinaan, yang pertama dengan model ekstrakurikuler yang diselenggarakan pada 28 Februari hingga 1 Maret 2020.

Sedangkan yang kedua dengan model Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang diselenggarakan pada tanggal 25 hingga 29 Februari 2020.

Ekstrakurikuler-Pramuka.jpg

Ekstrakurikuler pramuka sebagai sarana latihan dasar kepramukaan, sedangkan KMD sebagai wadah kepelatihan yang membekali peserta untuk memiliki keterampilan mendidik dan membina peserta di lembaga-lembaga pendidikan seluruh Indonesia.

Antusiasme peserta dapat dilihat dari selebrasi peserta ketika mengikuti upacara pembukaan dan saat kepelatihan berlangsung.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kegiatan kepramukaan ini menjadi salah satu program pembekalan peserta didik dalam rangka membentuk karakter yang lebih produktif, kreatif, dan inovatif.

Hal itu diungkapkan oleh Dekan FAI Unisma, Drs. H. Anwar Sa'dullah, M.Pd.I yang bertindak selaku pembina upacara.

"Kegiatan kepramukaan merupakan wadah pembentuk karakter kebangsaan. Dalam proses pendidikan kepramukaan yang dijalani, terdapat nilai-nilai karakter yang dibangun, seperti karakter religius, nasionalisme, gotong royong, integritas, dan mandiri," paparnya.

Dekan FAI Unisma Malang berharap kegiatan pramuka ini, peserta didik dapat secara konsisten mengamalakan nilai-nilai positif yang tertuang dalam dasa dharama dan tri satya Pramuka. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES