Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Bangkitkan Semangat Literasi, KKN Unisma Malang Bagikan Ribuan Buku

Selasa, 03 Maret 2020 - 08:37 | 109.14k
Penyerahan donasi buku dari Mahasiswa KKN Kelompok 48 ke MTs Nurul Hidayah Desa Tlogosari, (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Penyerahan donasi buku dari Mahasiswa KKN Kelompok 48 ke MTs Nurul Hidayah Desa Tlogosari, (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – KKN Kelompok 48 Unisma Malang memberikan donasi buku ke MTs Nurul Hidayah Desa Tlogosari Kec. Tirtoyudo Kab. Malang, Sabtu (15/2).

Kegiatan donasi 1001 buku dilakukan untuk membantu program literasi di MTs Nurul Hidayah sebagai bagian dari GLS (Gerakan Literasi Nasional) yang tertera dalam peraturan kementerian pendidikan nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan budi pekerti.

Advertisement

Dengan GLS ini, diharapkan tidak hanya mampu menumbuhkan minat baca peserta didik, namun juga mampu menumbuhkan budi pekerti yang luhur bagi peserta didik.

KKN-Unisma-Malang-5.jpgPenerimaan donasi buku dari Perpustakaan SMP Ar-Rohmah Putra Boarding School Kec. Dau. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Untuk menumbuhkan budi pekerti ini, GLS berkesempatan menjadi pintu gerbang untuk meningkatkan minat baca peserta didik.

Seperti yang disampaikan H. Abd. Aziz, S.Pd.I Kepala MTs Nurul Hidayah. “Kami mengucapkan banyak terima kasih atas donasi 1001 buku dari mahasiswa KKN Kelompok 48 Universitas Islam Malang (UNISMA), semoga bisa bermanfaat bagi siswa MTs Nurul Hidayah,” kata Aziz.

Ia berharap donasi buku ini diharapkan juga bisa mengasah kekreativitasan peserta didik melalui kegiatan literasi.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Perpustakaan SMP Ar-Rohmah Putra Boarding School Kec. Dau, Kab. Malang menjadi donatur terbanyak atas kegiatan literasi sekolah yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Kelompok 48.

Pemberian donasi buku atas perwakilan mahasiswa KKN kelompok 48 Unisma Malang, Jumat 14 Februari 2020.

Donasi ini diberikan langsung oleh Nasikhul Amin selaku kepala Perpustakaan SMP Ar-Rohmah Putra Boarding School. “Buku ini diharapkan bisa memberikan manfaat untuk sekolah yang dituju,” kata Nasikhul.

Pengembangan dan penguatan karakter melalui kegiatan literasi ini, diharapkan mampu menjadi salah satu unsur penting dalam kemajuan sebuah negara, serta berpartisipasi dalam menyukseskan pembangunan Indonesia abad ke 21.

Dimana masyarakat diharuskan mampu menguasai enam dasar literasi yaitu  Literasi Bahasa, literasi numerasi, literasi digital, literasi finansial, literasi sains, serta literasi budaya dan kewarganegaraan.

Dengan GLS dari Unisma Malang ini diharapkan mampu menumbuhkembangkan budaya literasi pada lingkungan sekolah dalam upaya meningkatkan pembelajaran sepanjang hayat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES