Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Kelompok 53 KKN Unisma Malang Bertajuk Pemuda Membangun Desa Apa Saja Prokernya?

Rabu, 04 Maret 2020 - 07:17 | 142.21k
Proses pemasangan papan pembatas antar RT. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Proses pemasangan papan pembatas antar RT. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – "Yang muda yang beraksi, yang muda yang berkerja, kerja kerja kerja" Julukan yang cocok untuk mahasiswa KKN-PPM kelompok 53 Unisma Malang di Desa Tamankuncaran, Kec Tirtoyudo, Kab Malang.

Desa Tamankuncaran merupakan desa yang berada di Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Di desa tersebut  mempunyai dua dusun yaitu Dusun Krajan dan Dusun Taman Gilang, lima rukun warga, delapan belas rukun tetangga.

Advertisement

Namun, masih banyak masyarakat Desa Tamankuncaran yang tidak mengetahui siapa yang menjadi Ketua RT dan batas antar wilayah RT di daerahnya sendiri.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Hal tersebut dikarenakan tidak adanya papan ketua RT dan papan informasi pembatas antar RT, mahasiswa KKN-PPM kelompok 53 mengambil masalah tersebut untuk menjadi proker pokok.

Kegiatan ini sedikit menyita waktu kurang lebih dua minggu (14 hari) sampai pada pemasangan papan informasi di setiap rumah ketua RT dan batas wilayah RT.

Bentuk dari papan ketua RT yang disepakati adalah kotak yang  nantinya akan ditempel di tembok dengan tujuan untuk mempermudah jika terdapat pergantian ketua RT, untuk bentuk dari papan pembatas wilayah RT sendiri adalah tiang karena bentuk tersebut sangatlah meminimalisir dari segala sudut pandang seperti tidak membutuhkan lahan terlalu banyak pada saat pemasangan.

Rapat koordinasi diadakan oleh Kepala Desa yang disambut antusias oleh ketua RT dan perangkat balai desa setempat. Hal ini, ditandai pada saat pelaksanaan pembuatan papan ketua RT dan pembatas antar wilayah RT yang membantu pembuatan dan membawa peralatan sekiranya diperlukan untuk membuat papan ketua RT dan pembatas antar wilayah RT tersebut. 

Dengan adanya papan ketua RT dan pembatas antar wilayah RT ini diharapkan lebih mempermudah masyarakat Desa Tamankuncaran untuk mengetahui lokasi rumah ketua RT dan batas antar wilayah RT setempat baik itu warga RT sendiri atau luar RT atau warga pendatang dari luar Desa Tamankuncaran.      

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Padatnya kegiatan warga menyebabkan perhatian atas informasi papan ketua RT dan pembatas antar wilayah RT. Anggapan warga Desa Tamankuncaran adalah desanya kecil yang akan menjadi faktor mudahnya interaksi antar warga desanya sendiri, sehingga tidak terlalu penting untuk membuat papan informasi.

Hal ini menjadikan inspirasi bagi kelompok mahasiswa KKN-PPM Tematik Unisma Malang Kelompok 53 Desa Tamankuncaran untuk berkoordinasi dengan ketua RT dan perangkat balai desa setempat untuk  pembuatan papan ketua RT dan pembatas antar wilayah RT setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES