Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Pandemi Covid 19, Tak Halangi FEB Unisma Malang Gelar Ambassador Talk

Minggu, 17 Mei 2020 - 18:27 | 53.30k
Dekan FEB Unisma Malang Nur Diana SE., M.Si Bersama Kaprodi Manajemen Budi Wahono, SE., MM dan Moderator Rahmawati, SE., MM., MBA. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Dekan FEB Unisma Malang Nur Diana SE., M.Si Bersama Kaprodi Manajemen Budi Wahono, SE., MM dan Moderator Rahmawati, SE., MM., MBA. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma Malang menyelenggarakan kegiatan Ambassador Talk Online yang bertajuk "Prospect Economy and Education Cooperation Between Indonesia Algeir" Sabtu (16/5).

Acara ini digelar secara daring dengan media zoom, youtube dan facebook dengan narasumber Duta besar Indonesia untuk Algeir Hj. Safirah Machrusah MA dengan moderator Rahmawati, SE., MM., MBA (dosen FEB Unisma).

Advertisement

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Nur Diana SE., M.Si dalam sambutannya yang bertempat (Host) di Ruang Pertemuan K.H. Masjkur Gedung Yayasan Lantai 4 Unisma Malang ini menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Kedutaan Republik Indonesia dan Duta Besar RI untuk Algeir yang berkenan hadir untul memberikan kuliah umum secara Live dari Algeir ke Indonesia.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

"Ambassador Talk ini merupakan program kerja International Development Division (IDD) yaitu unit organisasi dibawah naungan FEB Unisma yang memberikan fasilitas kegiatan Tridarma yang bersifat Internasional. Saat ini IDD menjalankan kegiatan Ambassador Talk secara daring dengan Tema Prospect Economy and Education Cooperation Between Indonesia Algeir dalam rangka memberikan wawasan terkait hubungan diplomatik yang terjalin diantara keduanya.

Safirah-Machrusah.jpg

"Dengan informasi tersebut kami berharap adanya informasi terkait peluang beasiswa, kerjasama pendidikan, student exchage, lecturer Exchange, joint research program yang tersedia dan bisa dimanfaatkan untul pengembangan Tridharma PT," ungkap Dekan FEB Unisma.

"Jarak tempuh penerbangan antara Indonesia Algeir sepanjang 17 jam tak terasakan dengan adanya kecanggihan teknologi, sehingga ibu Duta Besar dapat menyajikan secara Live dari Algeir yang bisa diikuti oleh mahasiswa kami yang tersebar di 34 propinsi di Indonesia mulai Aceh, Ambon, Papua, Kalimantan, Jawa, Sumatra dan lain sebagainya," jelasnya.

Dekan FEB Unisma menambahkan bahwa Algeir memiliki kedekatan historis yang erat, dimana Indonesia memiliki perannyang sangat tinggi dalam kemerdekaan Algeir yang dikukuhkan pada bulan Juli 1962 dimana Indonesia turut Berperan dalam KTT Asia Africa.

Sementara itu narasumber Ambassador Talk yaitu Duta Besar Indonesia untuk Algeir Hj. Safirah Machrusah MA dalam paparannya mengenalkan tentang negara Algeir beserta budayanya.

Negara Algeir terletak di Afrika Utara yang memiliki penduduk 43 juta mayoritas memiliki 2 kewarganegaraan.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

"Indonesia dan Algeir memiliki hubungan politik yang dilanjutkan dari tahun 1955 yaitu keikutsertaan dan Konferensi Asia Africa di Bandung tahun 1955 yang mendukung kemerdekaan Algeir, kemudian dalam organisasi negara Islam tergabung di OKI dan GNB,” tutur duta besar dalam paparannya.

Selanjutnya ia menyampaikan dari sisi ekonomi ada kendala hubungan dua negara tersebut diantarnya jarak Indonesia – Aljazair jauh (11.000 km, penerbangan transit, sekitar 17 jam/lebih) sehingga kegiatan ekspor impor tidak bisa dilakukan secara direct.

"Pada Era Presiden Jokowi memfokuskan hubungan dagang dengan pasar non-tradisional, seperti terselenggara IAF 2018, IAD 2019," jelasnya.

Saat ini, lanjut dia, hubungan dagang difokuskan Indonesia impor migas, Aljazair impor produk pertanian (kelapa sawit, kopi, teh), elektronik dengan nilai Volume perdagangan di kisaran 500 juta USD, ke 4 di Afrika.

Pada tahun 2018 kam menginisiasi Menteri Perdagangan RI ke Aljazair tahun 2018 dan mendorong PTA.

Ada beberapa terobosan yang dilakukan oleh Dubes RI untuk algeir ini diantaranya meningkatkan hubungan dagang antara Indonesia dan Aljazair. "Secara rutin, kami membawa para pengusaha Aljazair ke Indonesia dan mengundang pengusaha Indonesia untuk berbisnis dengan Aljazair dan pengusaha Aljazair," tuturnya.

"Aljazair adalah masa depan peluang ekonomi Indonesia. Karena Aljazair itu pintu gerbang untuk masuk pasti Afrika dan Eropa sekaligus. Sebab jarak aljazair dengan Eropa juga dekat selain ke negara Afrika Tengah dan selatan," kata Dubes Safirah.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

Duta Besar Algeir ini juga memaparkan bahwa dari sisi hubungan sosio kultural, telah menjalin program Pameran Budaya Indonesia di Aljazair (eg. Expo Jalan Sutera, Festival Sukarno).Selain itu Membentuk Perkumpulan Pencak Silat Aljazair yang diikutkan dalam even pertandingan internasional, Safira Cup, latihan pelatih dari Kemenpora). Peliputan jurnalis (eg. Kunjungan famtrip, Reportase) serta Pertukaran kunjungan ulama untuk acara internasional.

"Dari sisi edukasi ada peluang beasiswa dari Pemerintah Algeir dan Zawiyah (Pesantren), Disamping terbuka lebar bagi perguruan tinggi Algeir untuk menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi diluar algeir termasuk Indonesia. Baru- baru ini telah dibangun Monumen Sukarno di Ibukota Alger sebagai wujud untuk mengenang jasa Soekarno sebagai penggagas Konferensi Asia Afrika tahun 1955 yang mendukung kemerdekaan Algeir," imbuhnya.

Director IDD yaitu Erfan Effendy SPd MPd dalam wawancaranya menyampaikan bahwa Ambassador Talk online merupakan kegiatan internasional kesekian kalinya yang diselenggarakan guna memberikan motivasi dan wawasan internasional kepada mahasiswa FEB Unisma yang ingin mengikuti international program seperti student exchange maupun dual degree.

"Alhamdulilah kegiatan ambassador Talk yang diselenggarakan FEB Unisma Malang di tengah Pandemi Covid 19 telah diikuti mahasiswa dan dosen FEB di 34 propinsi melalui media Zoom, Channel Youtube maupun Facebook lebih dari 4000 mahasiswa kami bisa mengikutinya,” kata dia. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES