Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Ini Cara Menwa Unisma Malang Peringati Hari Lahir Pancasila

Kamis, 04 Juni 2020 - 08:53 | 95.59k
Menwa Unisma melakukan tabur bunga di Makam Pahlawan Trip. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Menwa Unisma melakukan tabur bunga di Makam Pahlawan Trip. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Satuan Resimen mahasiswa 836/Macan Putih Unisma Malang memperingati HUT Mahasurya ke- 56 dan Hari Lahir Pancasila dengan tabur bunga ke Monumen Makam Pahlawan Trip (Tentara Republik Indonesia Pelajar) Kota Malang, Senin (1/6/2020).

Turut hadir perwakilan keluarga Pahlawan TRIP diantaranya Budi Soeprihadi, Ria Amijarsono selaku Humas Paguyuban Mas TRIP Jatim Daerah Malang Raya,dan Ria Retno Warnani Sekretaris Paguyuban Mas trip, yang merupakan generasi ke 2 dan ke 3 dari Pelaku sejarah TRIP.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

TMP-Trip.jpg

"Kegiatan ini merupakan bagian dari Tradisi satuan menwa Unisma setiap 1 juni kami melakuan Upacara Ziarah Rombongan di Monumen Makam Pahlawan Trip, namun dalam kondisi pandemi ini kami hanya melakukan tabur bunga biasa untuk tetap menjaga Protokol Covid 19," ujar Lukman Hakim M.I Dansatgas kegiatan.

"Walaupun demikian sama sekali tidak mengurangi hikmatnya tradisi yang telah kami laksanakan turun temurun, kegiatan ini semata-mata untuk mewujudkan rasa bela negara dan peduli terhadap sejarah Menwa utamanya yang ada di Kota Malang (Tentara Republik Indonesia Pelajar) yang merupakan cikal bakal awal mula sebelum adanya Resimen Mahasiswa (Menwa)," lanjut Lukman.

Di Monumen Makam Pahlawan Trip terdapat liang yang dijadikan kuburan masal 35 orang jazat pahlawan yang gugur dalam pertempuran sengit melawan sekutu dalam mempertahankan Kota Malang tahun 1947.

trip-TMP.jpg

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

"Jika nanti  kami sudah berpulang kami titip  jaga dan rawat Monumen Makam Pahlawan Trip jangan sampai putus benang merah antara TRIP dan Menwa, kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Menwa Unisma atas dedikasi dan rasa peduli terhadap Monumen Makam Pahlawan Trip selama ini,” ujar Budi marto anak dari pahlawan TRIP.

Lebih lanjut ia beliau berpesan agar mahasiswa angggota Menwa Macan Putih Unisma Malang tetap menjadi pelopor dan provokator untuk menjaga serta melestarikan keberadaa monumen makam pahlawan trip, jangan sampai berpindah alih, jangan sampai dilupakan sejarah, jangan sampai hilang ditelan zaman, karena keberadaan Monumen Makam Pahlawan Trip ini juga menjadi saksi sejarah Kota Malang hari ini. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES