Indonesia Positif

Dosen Polisma Bikin Karya yang Bermanfaat Bagi UMKM saat Pandemi Covid-19

Minggu, 07 Juni 2020 - 19:49 | 73.74k
Dosen Teknik Mesin Shafiq Nurdin, S.T., M.T, bersama Mahasiwa mengaplikasikan karya Mesin Lidi pada UMKM
Dosen Teknik Mesin Shafiq Nurdin, S.T., M.T, bersama Mahasiwa mengaplikasikan karya Mesin Lidi pada UMKM

TIMESINDONESIA, MALANG – Dosen Polisma tetap melaksanakan tri darma perguruan tinggi sebagai pengajar, peneliti dan pengabdi di tengah kesibukan mengajar dan pandemi covid- 19.

Setiap tahun pemerintah di bawah Kementrian Ristekdikti selalu memberi kesempatan bagi seluruh Dosen di Indonesia untuk mendapatkan dana Hibah melalui kompetisi Nasional yang dapat diajukan melalui proposal penelitian dan pengabdian. 

Advertisement

Arianti K, ST., MM selaku kepala LP2M menerangkan bahwa di Politeknik Unisma (Polisma) setiap tahun menghasilkan banyak jurnal baik nasional maupun internasional, sebagai salah satu luaran dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. produk luaran lainnya berupa buku berISBN, HKI termasuk juga produk yang Teknologi Tepat Guna atau lebih dikenal dengan TTG. 

Nah untuk TTG ini Polisma Politeknik yang dikenal dengan Visinya mencetak Enterpreneur Aswaja ini telah  banyak menghasilkan dan telah diaplikasikan kepada masyarkat, diantaranya mesin lidi bambu, mesin pemanen padi, mesin keripik pisang, dan mesin lainnya. selanjutnya beliau  juga menerangkan bahwa dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian menganjurkan kepada dosen untuk melibatkan mahasiswa dengan harapan mahasiswa memiliki keahlian dalam  mengerjakan alat/mesin, kemampuan komunikasi dan kepedulian kepada masyarakat.

Mesin-Lidi-2.jpg

Shafiq Nurdin, ST., MT salah satu dosen Polisma yang sering mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian melalui Ristekdikti mengatakan bahwa luaran berupa produk TTG sangat penting bagi masyarakat untuk bisa meningkatkan produktivitas dan nilai ekonomi dari usaha UMKM dari usahanya. 

Salah satu karya TTG  berupa mesin lidi bambu yang memiliki variasi pemotong untuk menghasilkan lidi bambu dengan variasi diameter sesuai kebutuhan pasar. nah cutter atau pemotong ini memiliki ketahanan yang lebih dan awet jika melalui proses tempa (pande), memiliki kekuatan dan kekerasan yang lebih dari proses pemadatan logam, penempaan dan perlakuan panas, sehingga bisa dipakai berulang-ulang. 

Mesin Lidi Bambu sebagai salah satu solusi untuk UKM dalam peningkatan produksi lidi bambu sebagai bahan dasar dupa, sangkar burung, tusuk sate dan sempol. Dalam proses produksi mesin lidi bambu pengabdi melibatkan mahasiswa dengan harapan memiliki pengalaman dalam produksi mesin lidi bambu dan komunikasi dengan masyarakat khususnya UKM.

Kegiatan seperti ini sebenarnya sering dilakukan hampir seluruh Dosen di lingkungan Polisma, karena sudah menjadi menu wajib bagi setiap dosen dan mahasiswanya untuk selalu ber-kolaborasi dan ber-inovasi menghasilkan karya untuk negeri. selain itu kegiatan seperti ini sebenarnya memiliki makna "Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui", bukan tanpa alasan, memang begitu kenyataannya, selain dapat mendongkrak Poin bagi Institusi baik itu Perguruan Tinggi dan Program Studi, juga menambah poin bagi Dosen dalam meningkatkan karir akademik. 

Mahasiswa juga mendapat keuntungan memperkaya pengalaman belajar, meski karakter akademik Polisma 70% praktek, keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian dosen ini akan menambah wawasan terhadap kendala dan masalah yang ada dilapangan, sehingga diharapkan saat lulus nanti, mahasiswa Polisma dapat mengaplikasikan keilmuannya di masyarakat baik langsung maupun melalui Dunia Industri dan usaha. 

Mesin-Lidi-3.jpg

Jika anak anda saat ini lagi bingung memilih jurusan apa dan Kuliah dimana, Politeknik Unisma Malang yang berada satu yayasan Unisma ini dapat menjadi pilihan Utama sebagai bahan pijakan menuju masa depan anak anda. 

Pilihan Program Srudi  yang ditawarkan ada 3, antara lain:
1. D3 Teknik Listrik
2. D3 Teknik Mesin
3. D4 (Sarjana Terapan) Bidang Teknologi dan Informasi, TRKJ (Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan) 

Saat ini pendaftaran Mahasiswa Baru Polisma telah masuk Gelombang ke 2, jadi segera saja mendaftar karena Kuota penerimaan dibatasi hanya 200 Kursi saja, hal ini untuk menjaga Kualitas Pembelajaran agar rasio Dosen terhadap mahsiswa di kelas tidak besar sehingga perhatian dosen dalam kelas dapat lebih fokus. 

KHUSUS pada gelombang ke dua ini terdapat penawaran menarik yaitu garansi uang Kembali jika anak anda diterima di Perguruan Tinggi Negeri maka Uang DPP yang telah terbayar akan dikembalikan 100%.

Untuk mempermudah pendaftran dimasa pandemi Covid 19 ini, dapat dilakukan dirumah saja tanpa perlu datang ke kampus, dapat melalui pendaftaran Daring di pmb.polisma.ac.id atau VIA Whatsapp ke nomor: 0823 3218 2332 Klik  DAFTAR setelah itu Tim PMB Polisma akan memandu proses pendaftarannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES