Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Workshop Mendeley dan PLagiarism Chek oleh FEB Unisma Malang

Selasa, 09 Juni 2020 - 13:25 | 154.57k
Pemaparan oleh Alfian Budi Primanto, SAB, MBA, CPM(A) dosen FEB Unisma Malang saat membuka acara. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Pemaparan oleh Alfian Budi Primanto, SAB, MBA, CPM(A) dosen FEB Unisma Malang saat membuka acara. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebagai rangkaian workshop yang digelar FEB Unisma Malang dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa, saat ini digelar workshop Mendeley dan Turnitin.

"Ini merupakan rangkaian workshop yang harus diikuti oleh mahasiswa FEB Unisma setelah pada hari sebelumnya mereka memgikuti Workshop Metodologi Penelitian dalam Penyusunan Tugas akhir," ujar Afifudin SE, MSi, Akt   selaku  Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.

Advertisement

Afifudin juga menyampaikan bahwa banyaknya keluhan mahasiswa pada saat menyusun tugas akhir sering menghadapi kesulitan dalam penyusunan daftar pustaka yang terotomatisasi dan terstandarisasi menyebabkan terhambatnya penulisan karya ilmiah.

"Tidak hanya itu, mahasiswa sering mengeluh tingginya nilai tingkat plagiasi saat menyusun karya ilmiah dan hal ini menjadi momok berat bagi mahasiswa saat menghadapi ujian sidang skripsi," ungkap Wakil Dekan Bidang Akademik FEB Unisma.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

Melihat hal tersebut, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang menyelenggarakan Workshop Pelatihan Plagiasi Check & Penulisan Referensi Menggunakan Mendeley secara virtual melalui aplikasi Zoom yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa/i semester 6 yang saat ini mengajukan topik penelitian skripsi, Kamis (6/6).

Dalam pemaparannya, Alfian Budi Primanto, SAB, MBA, CPM(A) menyatakan bahwa terdapat beberapa reference management system (RMS) yang biasa digunakan oleh peneliti sebagai alat bantu penulisan kepustakaan seperti EndNote, Zotero, dan Mendeley.

"Aplikasi RMS ini sejatinya lebih memudahkan penyusunan berbagai bentuk tulisan karya ilmiah diantaranya tugas makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian, dan Jurnal Ilmiah. Aplikasi ini biasa digunakan sebagai sumber referensi riset, menyusun tulisan sesuai prosedur pengutipan sitasi yang benar, mengelola dokumen referensi serta dapat pula membantu penulis dalam penyusunan daftar pustaka," ujar beliau membuka acara. "Aplikasi Mendeley lebih dipilih saat ini karena berbagai alasan seperti penggunaannya yang mudah, tersedianya tutorial dalam Bahasa Indonesia, fitur gratis yang mencakup kebutuhan dasar peneliti, serta banyaknya buku pedoman yang diterbitkan kementerian yang mencantumkan Mendeley dalam pembahasan penulisan kepustakaan," lanjut dosen FEB UNISMA yang saat ini sebagai pengelola Jurnal Jema FEB UNISMA.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

Adapun, Wakdun, S.Sos membuka sesinya dengan memberikan trik bagaimana menyelesaikan tes plagiasi dengan cepat tanpa berbuat curang. "Pengalaman telah mengajarkan bahwa permasalahan paling krusial dalam penulisan karya ilmiah adalah isu plagiasi. Plagiasi bisa terjadi karena bermacam hal seperti kesalahan penulis (mahasiswa) dalam melakukan kutipan (langsung copy paste atau tidak mencantumkan sumber dengan jelas), banyaknya kutipan langsung tanpa dilakukan paraphasing, hingga yang paling parah mengakui karya ilmiah orang lain sebagai karyanya," buka beliau dengan penuh enerjik.

"Oleh karenanya, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan demi menghindarkan diri dari plagiasi, seperti melakukan paraphasing (menyusun ulang perkataan penulis lain dengan gubahan kalimat sendiri namun tetap memiliki makna yang sama), pengendalian waktu yang disiplin (sebagian besar kasus plagiasi terjadi karena terburu-buru dalam menyelesaikan naskah), memperbanyak literasi, hingga melampirkan bukti bebas plagiasi dalam setiap karya ilmiah yang dibuat," terangnya.

Diharapkan dengan adanya pelatihan plagiasi check dan pengelolaan referensi ilmiah menggunakan Mendeley ini dapat meningkatkan kualitas dan desiminasi penelitian mahasiswa FEB Unisma. Selain itu, dengan pemanfaatan Mendeley ini diharapkan membuka peluang seluruh sivitas akademika FEB Unisma Malang untuk dapat lebih eksis pada kancah akademis di tingkat global. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES