Indonesia Positif

Dosen UMBY Bicara Pentingnya Customer Relationship Management dalam E-Bisnis

Jumat, 03 Juli 2020 - 13:03 | 189.82k
Putri Taqwa Prasetyaningrum, S.T.,M.T. Dosen Sistem Informasi UMBY. (FOTO: Dokumen Humas UMBY for TIMES Indonesia)
Putri Taqwa Prasetyaningrum, S.T.,M.T. Dosen Sistem Informasi UMBY. (FOTO: Dokumen Humas UMBY for TIMES Indonesia)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Program studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi (TI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan kelas Refresment 'Menuju New Normal'. Dalam penerapan new normal ini, masyarakat banyak yang beralih ke internet untuk membeli barang dan jasa. 

Hal inilah yang menyebabkan banyak UKM mulai berjualan online. Platform e-commerce dapat menjadi salah satu solusi untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, dengan tetap meminimalisir kegiatan di luar rumah.

Advertisement

Universitas-Mercu-Buana-2.jpg

Dosen Sistem Informasi UMBY, Putri Taqwa Prasetyaningrum ST MT mengatakan adanya perubahan perilaku belanja online konsumen yang lebih nyaman dan diprediksi akan bertahan lama meskipun pandemi Corona usai. Selain itu, pertumbuhan bisnis otomatis akan berdampak positif terhadap bisnis layanan. 

"Pentingnya Customer Relationship Management (CRM) dalam E-Business adalah mengetahui sebanyak mungkin tentang bagaimana kebutuhan dan perilaku konsumen, selanjutnya memberikan suatu pelayanan yang optimal dan mempertahankan hubungan hubungan yang sudah ada antara perusahaan dengan konsumen," kata Putri, Jumat (3/7/2020) 

Universitas-Mercu-Buana-3.jpgKampus 2 UMBY Fakultas Teknologi Informasi Jl. Gejayan Jembatan Merah Yogyakarta

Seiring dengan perkembangan teknologi IT, menurutnya Sofware as a service (SaaS) yang berbasis cloud menjadi kemajuan dan kebutuhan yang diperlukan oleh kalangan pebisnis. 

Dekan Fakultas Teknologi Informasi (TI) UMBY, Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng mengatakan manfaat penggunaan CRM berbasis web–site adalah untuk membantu perusahaan dalam menyebarkan informasi serta melakukan interaksi dengan pelanggan dari berbagai tempat. 

Universitas-Mercu-Buana-4.jpg

"Dengan e–CRM perusahaan dapat melakukan proses pembangunan dan memelihara hubungan dengan konsumen melalui aktivitas online," kata Dekan Fakultas TI UMBY, Anief yang menekankan pentingnya penggunaan CRM berbasis web-site menuju New Normal ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-12 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES