Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Mahasiswa KKN-PPM Tematik Unisma Malang Ajak Masyarakat dalam Berkebun Stroberi

Senin, 20 Juli 2020 - 10:55 | 65.83k
Mahasiswa KKN-PPM Unisma Malang dan warga sekitar berkebun Stowberry di lahan warga yang cukup luas. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Mahasiswa KKN-PPM Unisma Malang dan warga sekitar berkebun Stowberry di lahan warga yang cukup luas. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – KKN Tematik Unisma Malang dilaksanakan di Desa Pandanrejo Kec. Bumiaji Kota Batu. Akibat dampak Covid-19 sangat mempengaruhi perekonomian warga sekitar diantaranya sektor ketahanan pangan. Oleh sebab itu, dalam kegiatan KKN edisi Covid-19 mempunyai salah satu program kerja yaitu mengajak masyarakat miliki kemandirian pangan.

Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu mengajak berkebun Stowberry warga sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan disalah satu Lumbung Stroberi yang terletak di Dusun Ngujung Desa Pandanrejo. Antusias warga sekitar sangat baik terhadap program kerja yang saya lakukan.

Advertisement

Kegiatan ini bertujuan untuk merangsang kegiatan warga sekitar agar tetap produktif akibat adanya kebijakan WFH dengan begitu diharapkan masyarakat memiliki kesadaran dalam memaksimalkan pekarangan sekitar untuk menanam strowberry.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

berkebun-Stowberry.jpg

KKN mahasiswa Universitas Islam Malang mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat sekitar salah satunya Siono selaku RT 03 dusun Ngujung Desa Pandanrejo. Ia mengaku senang dengan adanya kegiatan mengajak warga sekitar berkebun karena warga lebih produktif dan bisa menjual hasil panen dari menanam buah stroberi.

Stroberi juga bisa dijadikan selai, jus, keripik, kerupuk dan masih banyak lainnya. Namun untuk 3 bulan ini masih belum ada produksi dari buah stroberi akibat pandemi covid-19.

Tidak hanya itu, Lumbung stroberi juga mempunyai wisata petik  stroberi yang baru di Launching kemarin malam. Siono Ketua RT 03 membenarkan hal tersebut. ”Akibat pandemi Covid-19 ini masih belum dibuka kembali untuk tempat wisata," jelasnya.

Ia juga berterima kasih atas adanya kegiatan KKN dari Unisma Malang karena warga lebih bisa memanfaatkan waktu senggang untuk berkebun  stroberi di masa Pandemi Covid-19 seperti ini, sehingga dari situ bisa membuat peluang untuk sendi perekonomian. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Novenda Amellia Sandra Pramaisella, Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Unisma, KKN di Dusun Ngujung Desa Pandanrejo Kota Batu.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES