Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Mahasiswa KKN Unisma Malang Mengajak Masyarakat Menerapkan GERMAS

Selasa, 21 Juli 2020 - 08:41 | 82.11k
Pemberian Tempat Cuci Tangan dan Sabun Cuci Tangan kepada TPQ Nurul Hidayah. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Pemberian Tempat Cuci Tangan dan Sabun Cuci Tangan kepada TPQ Nurul Hidayah. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – KKN-PPM Tematik Unisma Malang dilaksanakan di Desa Kedok Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Adanya wabah penyakit  covid-19 sangat mempengaruhi kehidupan antara lain disektor ekonomi oleh sebab itu dalam kegiatan KKN edisi covid -19 salah satu program kerjanya adalah mengajak masyarakat untuk pola hidup sehat dengan cara memakai masker, cuci tangan dengan air mengalir dan jaga jarak minimal 1 meter.

Kegiatan ini bertujuan antara lain mengajak warga sekitar di era pandemi covid-19 ini tetap tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan begitu diharapkan masyarakat memiliki kesadaran dan tidak menyepelekan bahaya virus Covid-19.

Advertisement

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id​

Pemberian-edukasi-mencuci.jpg

Kegiatan tersebut dilaksanakan di TPQ Nurul Hidayah pada 4 Juli 2020, program tersebut antara lain memberikan edukasi mengenai pencegahan virus covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan serta diajarkan juga tata-cara mencuci tangan dengan baik dan benar serta pembagian masker gratis yang dibuat langsung oleh remaja-remaja kampung berkolaborasi dengan mahasiswa Unisma Malang.

Kegiatan ini merupakan upaya-upaya agar masyarakat setempat tetap memakai masker saat aktivitas diluar rumah serta bisa memahami dan menambah pengetahuan mengenai penanganan dan pencegahan yang bertujuan memutus rantai penyebaran covid-19.

Perlu disadari benar adalah pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri karena pencegahan tersebut adalah yang paling baik dan murah. Adapun langkah pencegahan dan menjaga diri dari Virus Corona adalah dengan menerapkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

Mahasiswa-KKN-PPM-Unisma.jpg

Penerapan Germas, diantaranya makan dengan gizi seimbang, rajin berolah raga. menjaga kebersihan lingkungan, tidak merokok, rajin cuci tangan pakai sabun, dan cukup minum air. 

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat setempat. Suwanji selaku RW (Rukun Warga) 03, Dusun Krajan Desa Kedok Kecamatan Turen mengaku senang dengan adanya kegiatan penyuluhan tersebut, warga lebih berhati-hati saat keluar rumah.

"Melalui penyuluhan dari mahasiswa Unisma Malang ini, warga menjadi paham akan pentingnya (PHBS) perilaku hidup bersih dan sehat sesuai protokol kesehatan merupakan program yang tepat dengan situasi sekarang ini," tuturnya. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA KUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Sassi Maimunah dan Ugih Sugianto, Mahasiswa FIA Unisma Malang, KKN-PPM Tematik Unisma Malang di Desa Kedok Kec. Turen Kab. Malang

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES