Indonesia Positif

Fisip UB Bangun Sinergitas dengan Pemuda dan Karang Taruna Kembangkan Kampung Bersinar

Kamis, 15 Oktober 2020 - 19:05 | 66.41k
Suasana Kegiatan Flashmob di Kelurahan Setonopande, Kota Kediri. (FOTO: Dokumentasi Pribadi)
Suasana Kegiatan Flashmob di Kelurahan Setonopande, Kota Kediri. (FOTO: Dokumentasi Pribadi)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Jurusan Sosiologi, Fisip UB Malang menginisiasi sebuah aktifitas olahraga (flashmob) sebagai sarana untuk melakukan pemberdayaan pemuda dan karang taruna dalam rangka mengembangkan kampung bersinar (bersih narkoba).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh tim dosen dari Research group (RG) Mobilitas dan Jaminan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya dalam rangka mengubah stigma buruk masyarakat terhadap Kelurahan Setonopande, Kota Kediri yang dikenal sebagai wilayah marjinal di kota Kediri.

Bersama dengan segenap pemuda-pemudi yang aktif dalam organisasi Karang Taruna, pemerintah Kelurahan Setempat, dan segenap masyarakat, perwakilan dosen sosologi dari RG Migrasi dan Jaminan Sosial, Ayu Kusumastuti, M.Sc, M.A dan Indhar Wahyu Wira Harjo, M.A. melaksanakan serangkaian kegiatan pemberdayaan terhitung sejak 25 September hingga 5 Oktober 2020 lalu.

Pengabdian Masyarakat yang dilakukan tersebut memiliki luaran yakni, terinisiasinya sebuah aktivitas olahraga untuk pemuda, dapat berupa kompetisi sebagai sarana untuk mengasah fisik dan jiwa sehat sebagai wujud pemberdayaan pemuda. Dengan demikian pemuda akan tercurah jiwa dan fikiran untuk terus sehat dan berpikir positif. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Kepala Kelurahan Setonopande Widyapurna Nur Huda, S.IP, M.Si.

Ketua tim pemberdayaan, Ayu Kusumastuti, M.Sc menyampaikan harapan besar pada kegiatan yang telah ia laksanakan ini. Ia mengatakan bahwa melalui kegiatan pemberdayaan olahraga flashmob tersebut, secara perlahan pemuda akan memiliki logika yang baik untuk menghindar dari penggunaan narkotika. Sebagai luaran, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi salah satu program untuk mewujudkan kampung Bersinar (Bersih Narkoba) Kelurahan Setonopande. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES