Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Kegigihan Alumni Unisma Malang untuk Cerdaskan Anak Bangsa

Rabu, 21 Oktober 2020 - 15:15 | 75.57k
Iin Fridayanti, Alumni Fakultas Hukum Jurusan Ilmu Hukum angkatan 1999 Unisma Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Iin Fridayanti, Alumni Fakultas Hukum Jurusan Ilmu Hukum angkatan 1999 Unisma Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Tidak banyak orang yang mau mengabdikan dirinya untuk masyarakat, terlebih jika harus meninggalkan kampung halamannya. Beda halnya dengan Iin Fridayanti, yang akrab disapa Iin. Tercatat sebagai alumni Fakultas Hukum Jurusan Ilmu Hukum Unisma Malang angkatan 1999.

Perempuan Arema ini selama duduk di bangku kuliah Iin tergolong pribadi yang introvert, sehingga tak banyak teman yang dekat dengannya. “Saat semester 3 saya mulai memberanikan diri untuk aktif di UKM Teater kampus dan disitulah saya belajar banyak hal, terutama cara berkomunikasi dan bersosialisasi yang merupakan modal utama untuk dapat terjun ke dunia kerja selain nilai akademis. Ilmu dan pengalaman yang saya dapat selama kuliah di kampus hijau Unismasangat bermanfaat kala saya harus merantau ke luar daerah,” tutur Iin.

Advertisement

Bermula dari keinginannya untuk dapat melakukan suatu pekerjaan yang disukai sampai nekad melabuhkan kakinya di tanah Borneo untuk menjadi pengajar. Pada tahun 2016 Iin mendirikan Lentera Kids yaitu tempat bimbingan belajar Calistung (Baca Tulis dan Berhitung) untuk anak pra sekolah. Seiring berjalannya waktu, Lentera Kids mulai dikenal masyarakat sekitar, namun  ada banyak keprihatinan tersendiri ketika Iin melihat ternyata masih banyak anak-anak yang buta aksara dan putus sekolah karena berbagai latar belakang dan mayoritas karena keterbatasan ekonomi. 

family Iin Fridayanti

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Didasari atas keprihatinan terhadap generasi penerus bangsa yang seperti itu, maka sejak tahun 2018 Iin mulai merintis Lentera Kids yang semula hanya tempat bimbingan belajar kini menjadi Rumah Baca. Tujuannya tak lain agar siapa saja dapat belajar di Lentera Kids terutama anak-anak yatim, putus sekolah ataupun anak dari keluarga tidak mampu tanpa memikirkan biaya yang harus dikeluarkan.

“Pada awalnya cukup sulit untuk membujuk anak-anak yang putus sekolah agar mau belajar kembali, namun seiring berjalannya waktu akhirnya saya dapat merangkul mereka agar mau belajar dan menyiapkan mereka agar dapar ikut ujian kejar paket,” papar Iin.

anak Lentera Kids

Dengan bantuan dari beberapa pihak Rumah Baca Lentera Kids mulai berkembang. Dan kini kegiatan di Rumah Baca Lentera Kids tidak hanya sebatas belajar akademis atau matematika namun juga belajar bersosialisasi dengan baik sebagai sarana penanaman nilai karakter yang baik pada anak-anak. Untuk menunjang kegiatan tersebut maka Rumah Baca Lentera Kids menjalin kerjasama dengan warga setempat dan Komite Permaian Tradisional Provinsi Kalimantan Timur.

Untuk kedepannya Iin berharap Rumah Baca Lentera Kids tidak hanya tempat bermain dan belajar untuk anak-anak saja namun juga bisa menjadi wadah untuk dapat memberdayakan masyarakat disekitarnya.

Tak lupa Iin juga berpesan kepada Unisma Malang sebagai salah satu Perguruan Tinggi unggulan di Indonesia. Merupakan sebuah cerminan bahwa perjalanan menuju kesuksesan adalah sebuah proses yang harus dilalui, dengan semangat kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas akan memberikan perubahan sesuai harapan. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Puguh S. Darmawan, ST, Kabag Alumni BAKAK, Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES