Program KKN Daring Untag Surabaya, Mahasiswa Dongkrak Ekonomi Melalui Digital Marketing

TIMESINDONESIA, MALANG – Pada masa pandemi seperti ini membuat para UMKM menjadi sulit dalam mengembangkan usahanya. Dhiki Teguh peserta KKN Daring Untag Surabaya tergerak memberikan edukasi digital marketing pada pelaku UMKM.
UMKM Konter pulsa Oasis reload, Dian adalah seorang bapak rumah tangga sekaligus pemilik dari usaha konter pulsa dan aksesories yang berada di Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Memulai usahanya sejak 2015 sampai sekarang.
Advertisement
Selama ini dalam memasarkan produknya hanya mengandalkan berjualan secara langsung seperti berkeliling dipasar, media brosur dan menawarkannya di tetangga sekitar saja.
Selain memiliki risiko yang besar dalam penyebaran virus Covid-19 atau corona beliau juga mengalami penurunan pemasukan akibat pembatasan jarak ini.
Hal Ini yang membuat konter pulsa Oasis Reload. Agar dapat bersaing di masa new normal dengan bantuan sosial media yang teroptimasi secara optimal.
Materi yang diberikan kepada pelaku UMKM disampaikan seringkas-ringkasnya sehingga UMKM dapat dengan mudah mengerti dan memahami serta mampu mengaplikasikan secara langsung dengan apa yang telah diajarkan.
Mulai dari membuat akun instagram, membuat tampilan feed, menjadwal konten kalender, yang unik dan menarik dengan memadukan warna tone yang seragam pada postingan sehingga konsumen tertarik untuk berinterkasi dengan produk yang di tawarkan Pendampingan pada UMKM yang dilakukan mendapatkan respon positif dari pelaku UMKM.
Dian selaku pemilik UMKM merasa sangat terbantu dengan adanya mahasiswa dari Untag Surabaya mau mengajarkan bagaimana memanfaatkan digital marketing UMKM miliknya.
“Saya merasa sangat terbantu dengan adanya program yang di ajarkan, menurut saya program tersebut membantu mempermudah saya dalam memasarkan produk yang saya punya. Dalam penjelasannya tidak hanya memberikan teori saja tetapi juga memberikan contoh secara langsung sehingga saya dengan mudah memahami apa itu Digital Marketing,” ujar Pak Dian.
Edukasi sosial Marketing kata dia, diambil karena di era digital saat ini, sangat penting untuk terus berinovasi mengembangkan dan memperluas pemasaran bisnis.
Setelah berdiskusi dengan sasaran maka selanjutnya melakukan sosialisasi media sosial marketing. “Sebelum melakukan penjualan di media sosial, kita harus tau strategi marketing pada media sosial sehingga tepat pada sasaran," imbuhnya.
Tidak hanya itu, sosialisai strategi marketing dan pemahaman tentang pentingnya branding juga disampaikan pada masyarakat. Dengan tujuan mengajak UMKM untuk terus mengembangkan usahanya dengan baik dalam menghadapi persaingan pasar yang lebih ketat saat ini.
“Kami memberikan saran terkait tentang pemasaran dan promosi yang baik. Sehingga produk dapat diterima puas dan tepat sasaran konsumen," urainya.
Mahasiswa KKN Untag Surabaya menganggap meskipun pendemi Covid-19 ini berdampak buruk dan menghambat perekonomian, UMKM bisa bersaing dengan Optimal untuk menghadapi era new normal saat ini. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Dhina Chahyanti |
Publisher | : Rochmat Shobirin |