Indonesia Positif

UIN Maliki Malang Gelar Pelatihan Membuat Soal AKMI Bagi Guru MI

Rabu, 16 Juni 2021 - 17:01 | 58.77k

TIMESINDONESIA, MALANGUIN Maliki Malang melalui Kegiatan Qoryah Toyyibah mengadakan Pelatihan Pembuatan Soal Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) bagi Guru MI se Kecamatan Kepanjen yang bertempat di MINU Jatirejoyoso, Minggu (16/06).

Kegiatan ini mendapat respon baik dengan ikutnya 30 peserta yang terdiri dari perwakilan guru-guru kelas atas MI Imami, MI Al-Kautsar, MINU Sunan Giri, MINU Jatirejoyoso, MI Miftahul Huda, dan MI Curung Rejo.

Selain itu ada perwakilan tiap masing-masing Kepala Sekolah yang mendampingi para guru. Kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan membuat soal AKMI sebagai bekal di sekolah/madrasah. Kegiatan ini dipilih karena belum ada pendampingan dan pelatihan yang diberikan yang berhubungan dengan Asesmen Nasional.

Pelatihan

Acara dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, yaitu memperhatikan social distancing, memakai masker dan hand sanitizer. Acara dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama mulai pkl. 07.00-11.30 WIB membahas terkait dengan konsep AKMI dan pembagian kelompok, mulai mengenali bagaimana mengajar dan mengevaluasi siswa menggunakan soal HOTS dan bagaimana cara penyusunan soal HOTS, baik numerasi maupun literasi. Sesi pertama lebih banyak pada konsep, teori dan pemaparan materi.

Sesi kedua dilaksanakan pada pukul 13.00-16.00 WIB dan lebih banyak pada praktek, mulai praktek per kelompok sampai praktek per individu. Pemateri, Abdul Mughni, M.Pd juga memberikan tugas untuk praktek sesuai dengan materi yang diampu masing-masing di sekolah, untuk dikumpulkan kepada panitia sebagai hasil dari adanya diklat yang dilaksanakan.

Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Pembuatan Soal Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) ini dilaksanakan dengan lancar dan sukses. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES