Indonesia Positif

Pembangunan Makin Kece Kades Desa Makin PeDe

Senin, 20 Juni 2022 - 19:58 | 73.61k
Kepala Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi Vivin Agustin. (Foto : Dokumentasi TIMES Indonesia)
Kepala Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi Vivin Agustin. (Foto : Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIDesa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, adalah salah satu desa didaerah pinggiran di Kabupaten Banyuwangi,  Jawa Timur.Meski terdapat di pelosok, Kepala Desa setempat, Vivin Agustin tetap saja PeDe, Kenapa ?. Karena pembangunan di wilayahnya makin hari makin kece.

Ya, itu semua berkat program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Bumi Suksesindo (PT BSI). Sebuah perusahaan tambang emas dibawah naungan PT Merdeka Copper Gold Tbk, yang beroperasi di desa setempat.

“Mewakili masyarakat kami mengucapkan terimakasih, semoga bisa terus memberi manfaat,” katanya.

Baru-baru ini, PT BSI memang sedang memberi bantuan renovasi TPQ Baitul Falah di Lingkungan Pulau Merah, Dusun Pancer, Desa Sumberagung. Kondisi atap tempat menimba ilmu agama tersebut memang sudah cukup mengkhawatirkan.

Kayu nya sudah banyak yang lapuk, dimakan usia. Setelah direnovasi, keluarga besar TPQ asuhan mbah Basar dan Nuriyah sangat bersuka cita, khususnya para wali santri. Mereka merasa lebih tenang, buah hatinya pun bisa mengaji dengan lebih nyaman.

“Desa Sumberagung pun kini menjadi terasa seperti perkotaan, karena sepanjang jalan dipenuhi dengan LPJU,” ungkap Vivin.

Apa yang disampaikan Vivin memang cukup masuk akal, di sepanjang jalan Desa Sumberagung, kini sudah terpajang ratusan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), itupun LPJU tenaga surya, sebuah teknologi modern yang tak banyak digunakan di Indonesia, apalagi di Banyuwangi.

Maka jangan heran jika Desa Sumberagung meskipun berada di pelosok pinggiran Bumi Blambangan menjadi desa rasa kota.

Perlu diketahui, CSR PT BSI pada dasarnya menyasar 4 sektor. Yakni sektor pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Masyarakat kami menyambut antusias pelatihan-pelatihan dalam hal pemberdayaan ekonomi, UMKM, dan lainnya,”. Jelas Vivin Agustin.

Dengan pencapaian selama ini, Kades Vivin dan masyarakat Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, berharap bisa terus mendapatkan manfaat dari keberadaan perusahaan tambang emas PT BSI. Diharapkan desa tempat bercokol destinasi Pantai Pulau Merah dan Pantai Mustika tersebut, bisa menjadi pioneer desa berkemajuan di Kabupaten ujung timur Pulau Jawa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES