Indonesia Positif

UIN Malang Mengabdi Qoryah Thayyibah Tingkatkan Kemampuan Riset Mahasiswa STAI Al-Yasini Pasuruan

Selasa, 28 Juni 2022 - 14:01 | 46.30k

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Universitas Islam Negeri Maulan Malik Ibrahim atau UIN Maliki Malang (UIN Malang) kembali menghadirkan program Mengabdi Qoryah Thayyibah 2022, yang merupakan progam pengabdian masyarakat. Salah satu programnya bertemakan tentang peningkatan kemampuan literasi digital bagi mahasiswa. 

PEMSA-2.jpg

Tim ini terdiri dari Ganis Chandra Puspitadewi, Nita Siti Mudawamah, Penny Respati Yurisa selaku dosen serta mahasiswa Prodi Perpustakaan dan Ilmu Informasi yakni Nadya Yumna dan Ahmad Fauzan Faiq. Tim ini memfokuskan kegiatan pada pelatihan pemanfataan software manajemen referensi dan pemahaman plagiarism bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Yasini, Kabupaten Pasuruan. 

Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan tools untuk mendukung proses penulisan ilmiah serta meningkatkan pemahaman terkait etika riset. Dengan penguasaan materi tersebut diharapkan mahasiswa mampu menemukan sumber referensi yang relevan dengan kajian yang sedang diteliti, mampu menulis sitasi dan daftar pustaka sesuai dengan kaidah ilmiah, serta mampu menghindari tindakan plagiasi.

Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab STAI-Al Yasini,Wilda Rihlasyita, M.Pd.I mengapresiasi program pengabdian ini. Menurutnya, program ini membantu mahasiswa dalam membuat kutipan dan daftar pustaka secara manual.

“Mahasiswa kami belum pernah dilatih menggunakan tools manajemen referensi, jadi materi tersebut sangat cocok sekali dengan kebutuhan mahasiswa kami,” kata Wilda. 

Pada kegiatan ini mahasiswa diberikan pemahaman mengenai penggunaan manajemen referensi, pemahaman mengenai jenis-jenis plagiarism dan cara bagaimana  mengindarinya. Setelah itu mahasiswa dilatih dan didampingi dalam proses instalasi sampai dengan cara penggunaan tools manajemen referensi. 

Wilda berharap dengan pelatihan inimahasiwa sudah mampu melakukan instalasi tools untuk manajemen referensi, mencari sumber referensi yang sesuai dengan kebutuhan tugas akhir, dan mereka juga mampu membuat sumber kutipan dan daftar pustaka secara otomatis.“Kalau bisa pelatihan ini juga diberikan untuk dosen, karena para dosen kami juga ingin belajar cara menggunakan software manajemen referensi”, pungkas Wilda.

Program pelatihan ini menghadirkan narasumber Ade Ismail selaku dosen Teknik Informatika Politeknik Negeri Malang. Peserta kegiatan ini diikuti oleh 80 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa semester enam dan semester delapan. Pada kegiatan ini seluruh peserta sangat antusias dan aktif saat diberikan pelatihan ini. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES