Indonesia Positif UIN Malang

Tingkatkan Keterampilan Guru di Era Digitalisasi, UIN Malang Gelar Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran

Jumat, 29 Juli 2022 - 16:45 | 61.00k
Pelatihan pembuatan video pembelajaran. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Pelatihan pembuatan video pembelajaran. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pembuatan konten digital berupa video pembelajaran jadi permasalahan sendiri bagi para guru. Permasalahan itu dibantu oleh UIN Malang melalui program UIN Mengabdi, guru-guru MI se-Kecamatan Sumber Pucung, Kromengan, dan Kepanjen.

Para guru MI peserta pengabdian sangat antusias mengikuti pelatihan pembuatan video pembelajaran pada Bulan Juli. Mereka menyimak pemaparan narasumber dari tim UIN Malang. Di antaranya Abdussakir dan Asfira Zakiatun Nisa’ dari Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Matematika FITK, Maryam Faizah dan Putri Nur Faizah dari Prodi PGMI FITK, dan Guntur Kusuma Wardana dari Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi.  

Pengabdian ini juga berkolaborasi dengan Imam Rofiki dari Departemen Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang.

Pelatihan ini memberikan solusi bagi guru agar sukses memproduksi video pembelajaran. Kegiatan pendampingan juga dilakukan oleh tim kepada masing-masing guru. Mereka dibantu dalam pembuatan materi yang menarik dan interaktif dalam bentuk video. 

uin.jpg

Selain itu, proses unggah video ke YouTube juga dilakukan. “Alhamdulillah para guru berhasil menggungah video pembelajaran,” ujar Abdussakir selaku pemateri pemanfaatan YouTube.

Kepala MI IMAMI Kepanjen sangat mengapresiasi pelatihan yang diberikan tim UIN Malang. “Semua guru termovitasi mengikuti pelatihan karena dampaknya dapat membuat materi dalam bentuk video dan mengunggahnya di YouTube. Terima kasih setinggi-tingginya untuk tim UIN Malang atas kontribusi pengetahuan yang sudah dilatihkan. Harapan pihak madrasah, semoga pelatihan ini bisa berlanjut terus untuk upgrading kompetensi profesionalisme guru,” jelas Samsul Arif.

Sementara itu, Latif Zubaidah Nasution selaku peserta pelatihan, terinspirasi untuk menghasilkan video pembelajaran. “Dengan adanya pelatihan dari tim UIN Malang dapat memotivasi guru-guru madrasah untuk mengembangkan media pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan juga berbasis digital sehingga mutu madrasah bisa menjadi lebih baik. Kami sangat terkesan dengan materi pelatihan para narasumber,” tutur guru MI IMAMI.

Pada akhir kegiatan, tim UIN Malang memberikan pengarahan lomba pembuatan video pembelajaran beserta teknis penilaiannya. Para guru madrasah diberikan waktu untuk pembuatan video dan diminta mengirimkan link Channel YouTube.

“Kegiatan pelatihan ini sangat seru karena bapak/ibu guru sangat aktif menyimak materi pelatihan dan ingin ikut lomba pembuatan video,” ungkap Asfira Zakiatun Nisa’ selaku narasumber media pembelajaran berbasis video untuk program UIN Mengabdi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES