Indonesia Positif UIN Malang

UIN Maliki Malang Lakukan Pendampingan Penguatan Ekonomi Keluarga Melalui Digital Marketing

Senin, 15 Agustus 2022 - 17:21 | 22.88k
Tim Qaryah Thayyibah UIN Maliki Malang bersama dengan para pemilik UMKM. (FOTO: HUMAS UIN Maliki Malang)
Tim Qaryah Thayyibah UIN Maliki Malang bersama dengan para pemilik UMKM. (FOTO: HUMAS UIN Maliki Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pengabdian Qaryah Thayyibah yang menjadi salah satu program LP2M UIN Maliki Malang, memberikan banyak kesempatan kepada dosen untuk mengeksplor kompetensi secara langsung pada masyarakat.

Tidak terkecuali Tim yang diketua oleh Sri Andriani, SE, M.Si dan anggota Dr. H.Ahmad Djalaluddin, Lc, MA. Selama 2,5 bulan (dimlai pertengahan Bulan Juni 2022) Melakukan pendampingan di Kota Batu Jawa Timur bersinergi dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskopumdag) Kota Batu. 

Sebanyak 30 UMKM yang menajdi anggota koperasi melakukan pendaftaran NIB, Pirt, dan seetifikasi halal dengan jalur self declaire (Gratis). Dibantu mahasiswa Fakultas Ekonomi dimulai sosialisasi, mengisi form SJPH, mendaftarakan perijinan berbasis resiko (NIB), register akun pelaku usaha di SI Halal. Pendampingan proses produk halal dibantu sepenuhnya pendamping PPH teregister UIN Malang Diian Rusdianto, SE.

Tim-Qaryah-Thayyibah-uin.jpg

Pandemi menuntut UKM untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam hal digitalisasi. Pedampingan ini membarikan Pendidikan dan pelatihan tentang Digitalisasi. Kegiatan dimulai dengan pemahaman etika usaha, fotografi dan editing serta optimasi usaha melalui digitalisasi pemasaran. 

Dari hasil pengabdian dosen UIN Maliki Malang telah teregister di SI Halal sebnayak 21 Pelaku usaha, sedangkan sebanyak 15 Pelaku usaha masih menunggu jkuota gelombang 2, UMKM memiliki profil bisnis di google dan mempunyai akun di marketplace shopee dan Tokopedia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES