Indonesia Positif Universitas Islam Malang

FKIP Unisma Malang Ciptakan Semangat Nasionalisme Pemuda Indonesia Melalui Webinar Kebangsaan Nasional

Senin, 26 September 2022 - 09:52 | 46.63k
Webinar Nasional BEM FKIP Unisma Malang menghadirkan narasumber Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc
Webinar Nasional BEM FKIP Unisma Malang menghadirkan narasumber Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisma Malang menggelar webinar, Senin (19/9/2022).

Webinar ini mengusung tema "Peran Generasi Muda dalam Menumbuhkan Semangat Nasionalisme". Berdasarkan tema ini, topik bahasan webinar adalah upaya pembentukan polapikir yang positif terhadap generasi muda terkait masa depan Indonesia dan dengan di angkatnya tema ini, diharapkan generasi muda mampu memikirkan solusi dari problematika yang akan dihadapi oleh bangsa ini kedepannya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Keagaamaan dan Publikasi, Dr. Ir. H. Badat Muwakhid, M.P. membuka webinar yang diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Tanah Air. 

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Webinar Nasional BEM FKIP Unisma Malang ini bertujuan meningkatkan pemahaman terkait pentinganya peran pemuda sebagai ujung tombak bangsa juga mendukung Unisma yang menggelorakan sebagai kampus yang anti kekerasan, anti intoleransi, dan anti korupsi oleh Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si, Rektor Universitas Islam Malang.

Badat-Muwakhid.jpgDr. Ir. H. Badat Muwakhid, M.P (Wakil Rektor 3 Unisma Malang) membuka acara Webinar Nasional BEM FKIP Unisma Malang

Dengan memahami peran pemuda atau generasi muda tentu akan memberikan dampak positif bagi bangsa Indonesia, karna generasi mudalah yang harus konsumtif monyongsong masa depan Indonesia, karna generasi muda adalah tiang berdirinya perjuangan masa depan Indonesia, dan generasi muda adalah generasi yang mempunyai kehendak untuk bersatu melanjutkan perjuangan bangsa dan negara.

Pada webinar nasional kebangsaan ini terdapat tiga pembicara opening speech yaitu dari Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Keagaamaan dan Publikasi yaitu Dr. Ir. H. Badat Muwakhid, M.P,  Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. Hasan Busri, M.Pd. dan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan saudara Muhammad Zainush Sholihin.

Webinar makin menarik sebab menghadirkan Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc, atau yang akrab di sebut kang Emil sebagai salah satu pemateri. Tentu pemateri inti ini memiliki kemampuan dan pengalaman yang luar biasa dengan pemahaman dan pengalamannya. Dalam pembahasan awal kang Emil menjelaskan tentang peta demografi Indonesia dengan sedikit mengangkat Peta Sosial dan Budaya Indonesia Khususnya Jawa Timur.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Hasan-Busri.jpgDr. Hasan Busri, M.Pd (Dekan FKIP Unisma Malang) memberi sambutan acara webinar nasional

Ada beberapa hal yang di jelaskan kang Emil secara mendalam yaitu tentang administrasi negara seperti agenda pembangunan RPJMN & RPJMD, yang mana kang Emil menjelaskan dengan detail terkait hal itu, termasuk dari bagian agenda pembangunan RPJMN & RPJMD adalah Memperkuat Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan yang Berkualitas, Mengembangkan Wilayah untuk  Mengurangi Kesenjangan, Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang  Berkualitas dan Berdaya Saing, Membangun Lingkungan Hidup, Meningkatkan Ketahanan Bencana dan  Perubahan Iklim, Revolusi Mental dan Pembangunan  Kebudayaan.

Diakhir acara Kang Emil menjelaskan terkait isu strategis dekadansi karakter bangsa mempengaruhi nasionalisme seperti, melemahnya ketahanan budaya dan rendahnya  pelindungan hak kebudayaan, masih lemahnya pemahaman dan pengamalan  nilai agama yang moderat, inklusif, dan toleran.

Menurutnya belum optimalnya kemajuan kebudayaan Indonesia, Belum mantapnya pendidikan karakter, budi  pekerti, kewarganegaraan, kebangsaan, belum optimalnya peran keluarga dalam  pembangunan karakter bangsa, masih rendahnya budaya literasi, inovasi, dan kreativitas. Salah satu pesan Kang Emil dalam penyampaian-nya yaitu perkuat nilai pancasila di dunia pendidikan.

Dengan hadirnya tiga opening speech yang menarik dan satu pemateri yang luar biasa yang mampu menarik perhatian peserta webinar mulai dari pembukaan acara webinar sampai selesai. Hal ini membuat peserta yang hadir begitu antusias dalam mengikuti jalannya webinar nasional oleh Unisma Malang. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Hamdani Rozak, D.B.A

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES