Indonesia Positif

Disparpora Kota Pasuruan Gelar Pelatihan Bagi Pelaku Usaha Kuliner

Rabu, 23 November 2022 - 08:14 | 64.51k
Suasana kegiatan pelatihan dari DisParpora Kota Pasuruan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Suasana kegiatan pelatihan dari DisParpora Kota Pasuruan. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Dalam rangka pengembangan sektor kepariwisataan, pembinaan kemitraan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta realisasi pelaksanaan kegiatan DAK Tahun 2022. Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Pasuruan menyelenggarakan dua kegiatan pelatihan, yaitu: “Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner”, serta "Digitalisasi Kuliner".

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kemampuan para pengelola usaha kuliner di Kota Pasuruan, dalam melakukan inovasi di era digitalisasi dan meningkatkan higienitas sajian kulinernya agar lebih berkualitas dan bernilai jual. "Selain itu, juga untuk melatih dan meningkatkan wawasan serta mendorong munculnya inovasi dan kreativitas kuliner dari para pelaku usaha di destinasi-destinasi wisata, untuk dapat memberikan sajian yang sehat dan menarik bagi wisatawan", terang Kepala DisParpora Kota Pasuruan, Basuki dalam sambutannya.

Advertisement

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 21-23 November 2022. Kegiatan pemberian materi dilaksanakan di Hotel Aria Gajayana-Malang pada tanggal 21 dan 22 November 2022, kemudian dilanjutkan dengan praktik lapangan pada tanggal 23. Peserta masing-masing pelatihan ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari perwakilan Pelaku Usaha Kuliner di Destinasi Wisata, Anggota Asosiasi Café dan Restaurant, serta UMKM. 

PesertaPelatihan.jpg

Materi yang disampaikan pada pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner Kota Pasuruan meliputi: Kebijakan dan Perundangan-Undangan Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman, Ekosistem Kuliner Indonesia, Standar dan Ketentuan Higienitas Sajian Kuliner di Indonesia dan Dunia, Legalitas Standar Usaha Jasa Makanan dan Minuman, Kreativitas dan Inovasi dalam Penyajian Kuliner, Pemasaran Kuliner dalam Mengomunikasikan Inovasi dan Higienitas Kuliner, Inovasi Bisnis Kuliner, Sharing Best Practice Pelaku Usaha Kuliner, Praktik Penerapan Inovasi dan Higienitas dalam Sajian Kuliner, serta Materi Diskusi kelompok Penyusunan Konsep Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner Peserta Pelatihan.

"Melalui kedua pelatihan ini, diharapkan SDM Pariwisata di Kota Pasuruan dapat meningkatkan kapasitas dan wawasannya dalam bidang Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner. Serta mengikuti perkembangan zaman dan tekhnologi digitalisasi yang menyasar ke semua bidang, termasuk kuliner", pungkas Basuki.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Robert Ardyan
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES