Indonesia Positif

PLATO Bekali Kader Digital Marketing untuk Promosi Kesehatan dan Berbagi Praktik

Senin, 19 Desember 2022 - 12:07 | 34.49k
Kegiatan Pengembangan  Kapasitas terkait Digital Marketing. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kegiatan Pengembangan  Kapasitas terkait Digital Marketing. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, JEMBERPLATO dengan dukungan UNICEF dan bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jember menggelar kegiatan Pengembangan Kapasitas terkait Digital Marketing untuk media promosi kesehatan dengan memanfaatkan platform media sosial serta berbagi praktik baik penjangkauan pesan imunisasi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai upaya pencegahan stunting.

Acara yang bertempat di Cempaka Hill Hotel Jember, sebanyak 23 kader RCCE wilayah Jember, dengan didampingi oleh Petugas Promosi Kesehatan dari 7 wilayah Puskesmas di Jember, Jumat (9/12/2022).

Advertisement

tersebut dibuka oleh Dita Amalia selaku Direktur Yayasan PLATO. Dita dalam arahan dan sambutannya menyampaikan gambaran kegiatan dan output yang diharapkan dari kegiatan ini. "Dari kegiatan ini harapannya  kader dapat menghasilkan karya media KIE dan bisa langsung mempublikasikan di platform media sosial.  Kader juga diharapkan dapat saling berbagi praktik baik sebagai pembelajaran bersama dalam Program RCCE," jelasnya.

Turut hadir, Dwi Handarisasi S.Psi, M.Si, selaku Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes juga memberikan arahan terkait alur dan mekanisme publikasi karya kader RCCE. Dwi menjelaskan bahwa Dinkes Jember sangat terbuka dan akan memfasilitasi kader untuk mengunggah media promosi kesehatan yang dibuat pada akun resmi dibawah naungan Dinkes Jember.

"Monggo, kami akan support dan bantu fasilitasi untuk mengunggah karya-karya kader, baik di website PPID Dinkes Jember, di akun media sosial milik Dinkes Jember, maupun milik Puskesmas, sehingga pesan promosi kesehatannya bisa tersebar secara luas," papar Dwi. 

Plato-2.jpg

Hadir sebagai narasumber, Gea Rara Hayu, S.S., M.Li menyampaikan berbagai tahapan dalam teknik digital marketing untuk penjangkauan pesan kunci RCCE, termasuk tips dan trik agar promosi kesehatan yang disampaikan oleh kader mampu mencapai jangkauan massa (engagement) yang tinggi.

Kader dalam sesi ini dibagi menjadi 6 kelompok kecil, dengan didampingi tim promosi kesehatan melakukan pembuatan video TikTok maupun Instagram dengan pesan kunci imunisasi, PHBS dan pencegahan misinformasi terkait kesehatan. Terlihat dalam sesi ini bahwa kader mampu mengemas pesan kunci dalam sebuah media promosi kesehatan berbasis sosial media yang menarik dan kreatif. Narasumber bersama para kader menonton  hasil karya video  sebagai media pesan dan mengulasnya bersama.

Tidak terbatas pada sesi tersebut, dipandu oleh Dita Amalia, peserta mengikuti sesi berbagi praktik baik terkait program RCCE dengan meriah dan aktif. Setiap peserta juga diminta untuk menuliskan perubahan mendasar yang dialami sebagai praktik baik yang didapat selama program RCCE dengan  menggunakan teknik Komunikasi Antarpribadi (KAP). Sekumpulan cerita perubahan ini diharapkan dapat dibukukan sebagai praktik baik dan seluruh kader dapat belajar dari Program RCCE yang berlangsung di Jember.

Sesi dilanjutkan dengan pemaparan penggunaan WhatsApp IPC Dashboard serta sosialisasi indikator Apresiasi Kader Terkeren oleh Koordinator Wilayah Jember, Azmi Nur F. 

Menutup kegiatan tersebut, pemberian apresiasi oleh PLATO dan UNICEF berupa thropy, sertifikat dan hadiah uang tunai kepada kader pemenang kompetisi video kreatif, kelompok kader pemenang kelas memasak, dan pemenang jurnalis terbaik. Gemuruh tepuk tangan menyelimuti suasana pengumuman pemenang dan pemberian apresiasi. Hadirnya Kader RCCE Jember Keren, Gaungkan Aksi  Wes Wayahe Jember Lebih Sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES