Indonesia Positif

Sri Sultan HB X Buka Festival Teras Malioboro

Selasa, 07 Februari 2023 - 21:16 | 45.56k
Gubernur DIY Sri Sultan HB X ketika membuka Festival Teras Malioboro. (FOTO: Korem 072 Pamungkas)
Gubernur DIY Sri Sultan HB X ketika membuka Festival Teras Malioboro. (FOTO: Korem 072 Pamungkas)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAFestival Teras Malioboro resmi dimulai, Selasa (7/2/2023). Festival bertajuk 1 th Edipeni Loh Jinawi di Teras Malioboro 1 Jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Godomanan, Yogyakarta ini dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Dalam sambutannya, Sri Sultan HB X mengatakan, tahun ini fashion yang berada di Teras 1 maupun Teras 2 mulai harus tetap konsisten sebagai strategi penjualan. Sebab, hal ini untuk memenuhi syarat untuk menjadi ribbon pertumbuhan ekonomi di Yogyakarta.

“Kita tingkatkan fashion sebagai potensi strategi penjualan,” kata Sri Sultan.

DIY-Sri-Sultan-HB-2.jpg

Sri Sultan HB X menambahkan, pemerintah pusat bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta akan meningkatkan tempat desain center. Saat ini, produk fashion berasal dari kayu dan logam. Nantinya, akan ada training fashion dari asosiasi fashion di Yogyakarta sebagai organisasi untuk meningkatkan kapasitas.

“Harapannya, fashion bisa memberikan pertumbuhan ekonomi bagi Yogyakarta yang lebih besar untuk tumbuh dan berkembang,” terang Sultan.

Sultan menjelaskan, nantinya Teras Malioboro 2 akan pindah bergabung dengan Teras Malioboro 1. Hanya, para pedagang akan menempati tanah yang berada disebelah kiri Teras Malioboro 1.

DIY-Sri-Sultan-HB-3.jpg

Selain itu, Pemda DIY akan mulai menata galeri Malioboro bersama dengan selesainya Kantor DPRD DIY yang akan pindah di wilayah Kecamatan Melati Sleman. Nantinya, gedung DPRD DIY yang berada di Jalan Malioboro akan dijadikan Taman Budaya. Sehingga, kawasan itu akan dikembangkan menjadi kawasan budaya di Malioboro.

“Semoga, semua sesuai jadwal yang sudah direncanakan selama 5 tahun. Sekali lagi selamat ulang tahun kepada Teras Malioboro semoga sukses dengan kebersamaan karena memang kebersamaan itu kekuatan kita dalam menumbuhkan ekonomi,” tandas Sultan.

Festival Teras Malioboro ditandai dengan penyerahan Akta Koperasi Teras Malioboro Dadi Siji kepada pengurus koperasi. Juga ada, penyerahan beasiswa Anak Tenant kepada 12 siswa/siswi berprestasi, peresmian Anjungan Pusat Informasi Digital Teras Malioboro dan pemotongan tumpeng oleh Sultan.

Ada pula hiburan Dagelan yang diperankan oleh warga RT/RW X Punokawan dengan bintang tamu Marwoto, Rio Srundeng, Tere Sotil dan kesenian tari.

Selain Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Hotlan Maratua Gurning, ikut mendampingi Sri Sultan HB X yaitu Sekretaris Daerah DIY Drs. Raden Kadarmanta Baskara Aji, Pj Walikota Yogyakarta Suharno, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman, Kapolsek Gondomanan Kompol Abdul Jalil, Anggota Komisi B DPRD DIY R.b. Dwi Wahyu, dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Ir. Srie Nurkyatsiwi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES