Indonesia Positif

Gubernur Khofifah: Haul Akbar Jadi Kesempatan Pemberdayaan Ekonomi Santri

Minggu, 26 Februari 2023 - 14:38 | 127.73k
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri haul akbar Ponpes Assalafi Al Fithrah di Surabaya, Sabtu (25/2/2023) malam. (Foto: Biro Humas Pemprov for TIMES Indonesia)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri haul akbar Ponpes Assalafi Al Fithrah di Surabaya, Sabtu (25/2/2023) malam. (Foto: Biro Humas Pemprov for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama puluhan ribu jemaah dari penjuru tanah air dan mancanegara, menghadiri Majelis Dzikir Maulidurrasul SAW dan Haul Akbar Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, Jalan Kedinding Lor 99 Surabaya, Sabtu (25/2) malam.

Khofifah mengatakan, kehadiran jamaah hingga dari luar negeri, seperti Malaysia, Singapura , Brunei Darussalam, dan berbagai negara dari Timur Tengah merupakan wujud kekuatan resonansi spiritual yang dibangun  Mursyid Akbar Al Khidmah KH Achmad Asrori Al Ishaqy secara global.

Menurut Khofifah, momen ini menunjukkan sebuah ukhuwah islamiyah yang luar biasa. Dimana, puluhan ribu jamaah dengan tertib dan khusyuk melantunkan dzikir mohon pertolongan dan perlindungan Allah SWT serta membaca selawat nabi memuliakan kekasih Allah Rosulullah Muhammad SAW.

“Semoga kita semua mendapat syafaat Rasulullah Muhammad SAW. Aamiin," kata Khofifah.

Ia menambahkan, keguyuban semacam ini juga wujud kekuatan yang membawa berkah bagi masyarakat di sekitaran Pondok Pesantren, Kota Surabaya, bahkan Jawa Timur.

Khofifah berharap haul akbar KH Achmad Asrory Al Ishaqy menjadi penyemarak dan pengungkit UMKM yang ada di sekitar Ponpes. Ini terlihat dari  banyaknya pedagang-pedagang kecil dan UMKM di sekitar area haul.

“Kegiatan berskala besar (haul akbar) ini menjadi kesempatan pemberdayaan ekonomi santri atau santriprenuer,” tegas dia.

Gubernur-Khofifah-2.jpgGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa khusyuk memanjatkan doa pada acara haul akbar Ponpes Assalafi Al Fithrah di Surabaya. (foto: Biro Humas Pemprov for TIMES Indonesia)

Khofifah  menyebut bahwa Pemprov Jatim akan terus berkomitmen mendukung pemberdayaan ekonomi Ponpes melalui program One Pesantren One Product  (OPOP).

"Iklim semacam inilah yang harus kita jaga dan tumbuh kembangkan. Iklim yang mendukung perputaran roda perekonomian dari lini terbawah," kata dia.

Haul Akbar yang digelar pada bulan Sya'ban tiap tahunnya ini menjadi spesial sebab tahun ini merupakan yang pertama kalinya digelar untuk masyarakat atau jamaah  dari luar Ponpes, mengingat tiga tahun sebelumnya diselenggarakan terbatas sehingga ruh dan kekuatan gravitasi  majelis ini bangkit  kembali setelah Pandemi.

Kekuatan haul Akbar Ponpes Assalafi Al Fitrah ini sekaligus menjadi  episentrum untuk membangun Islam rahmatan lil alamin. Islam penebar kasih dan damai yang resonansinya terbangun secara global.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah juga menyempatkan diri untuk ziarah ke makam pendiri Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah, Hadhrotusy Syeikh KH Achmad Asrory Al Ishaqy.

Sebagai informasi, Haul Akbar Ponpes Assalafi Al Fithrah 2023 ini digelar selama dua hari, yaitu tanggal 25-26 Februari 2023. Haul Akbar tahun ini selain diikuti Gubernur Khofifah juga jemaah dari dalam dan luar negeri, dan berbagai ulama dan guru besar dari berbagai negara, seperti Malaysia, Turki hingga Mekkah.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES