Indonesia Positif

Puluhan Ribu Peserta Ikuti Jalan Sehat 1 Abad NU

Minggu, 26 Februari 2023 - 15:48 | 63.85k
Peserta jalan sehat 1 abad NU yang memadati jalan protokol Kabupaten Bantul. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Peserta jalan sehat 1 abad NU yang memadati jalan protokol Kabupaten Bantul. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Puluhan ribu warga Nahdlatul Ulama (NU) memadati lapangan Paseban Bantul, Minggu (26/2/2023) untuk mengikuti jalan sehat, dalam rangka 1 abad NU. Menempuh jarak sekitar 3,5 km, peserta jalan sehat dilepas oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih serta jajaran pengurus PCNU Bantul.

Peserta memadati sepanjang rute jalan yang dilalui, mulai dari depan Polres Bantul, NU Mart, Radio Persatuan, dan Pasar Bantul. Adanya peserta yang memakai kostum unik dan marching band, memberikan hiburan bagi masyarakat di sepanjang jalan yang dilalui peserta.

Setelah menempuh perjalanan sekitar satu jam,  peserta finish di lapangan Paseban. Selanjutnya peserta langsung menukarkan kupon konsumsi. Sambil beristirahat, peserta mengikuti acara  pengundian hadiah dan hiburan yang disediakan panitia.

Dalam sambutannya Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memberikan apresiasi kepada seluruh peserta. Jumlah peserta yang hadir menunjukan potensi besar dari NU sebagai ormas. Potensi ini dapat mendukung program - program pembangunan Pemkab Bantul.

Melalui program jimpitan yang mampu mengumpulkan dana miliaran rupiah, PCNU Bantul dapat membeli 27 mobil ambulans. Hal ini menunjukan kemandirian NU yang tidak perlu diragukan lagi.

Pada kesempatan tersebut, Halim juga menyinggung kolaborasi dengan ormas lain agar dapat melahirkan kekuatan yang lebih besar. 

Ketua panitia satu abad NU PCNU Bantul Budi Suprapto mengatakan, jalan sehat merupakan puncak harlah 1 abad NU di Bantul. Acara ini digelar setelah rangkaian acara sejak awal tahun 2023. Mulai dari bhakti sosial, bersih sungai hingga Bantul Bersholawat.

Peserta jalan sehat tidak hanya berasal dari Bantul. Namun warga NU dari Kulon Progo dan Gunung Kidul juga hadir. Mereka datang menggunakan bis dan truck secara rombongan. Bahkan beberapa peserta sengaja datang naik sepeda onthel maupun sepeda motor.

Jumlah peserta diluar perkiraan panitia. Sehingga seluruh kupon terjual habis, termasuk kupon yang dijual di lokasi acara. Sehingga beberapa peserta tidak kebagian kupon undian. Sebagai bentuk rasa kebersamaan, peserta yang tidak kebagian kupon tetap ikut berjalan.

Selain ingin bersilaturahmi dengan sesama warga NU. Mereka juga tertarik dengan hadiah yang disediakan panitia jalan sehat 1 Abad NU. Diantaranya 3 ekor sapi, sepeda motor, laptop dan alat elektronik lainnya. Semua hadiah merupakan sponsor dari keluarga besar NU Bantul dan DIY. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES