Indonesia Positif

Prosesi Kirab Hari Jadi Banjarnegara Berlangsung Meriah

Minggu, 26 Februari 2023 - 19:41 | 144.36k
Pj Bupati Tri Harso Widirahmanto SH dan Istri saat Kirab Hari Jadi Banjanegara ke 452. (FOTO: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)
Pj Bupati Tri Harso Widirahmanto SH dan Istri saat Kirab Hari Jadi Banjanegara ke 452. (FOTO: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Prosesi Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara ke 452 Tahun, Minggu (26/2/ 2023) berbeda dengan sebelumnya. Saat ini begitu meriah setelah Pandemi Covid-19.

Rangkaian Kirab Hari Jadi Banjarnegara dimulai sejak pukul 08.00 WIB dari Kantor Dinas Perhubungan Banjanegara. PJ Bupati Banjarnegara dan pejabat lain kemudian naik delman menuju gedung DPRD untuk menggelar sidang paripurna.

Usai melakukan sidang, para pejabat yang semuanya menggunakan pakaian adat Jawa kemudian kirab dengan berjalan kaki menuju pendapa Dipayuda Adigraha.

batik-mari.jpg

Tampak iringan - iringan diawali barisan pasukan pembawa Panji pusaka Banjanegara, Kemudian disusul pasukan pembawa foto - foto Bupati terdahulu. 

Pj. Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH tampak didampingi istri tercinta. Para pejabat lain (Forkopimda), Camat dan pejabat Pemkab lain ikut menyertainya. Disusul anggota DPRD dan para kepala desa.

Dalam prosesi ini juga ada pasukan berkuda dan 4 buah gunungan terdiri dari 3 hasil bumi dan 1 gunungan buku yang dibawa oleh TNI. Ribuan masyarakat Banjanegara juga menyemut sepanjang jalan menyaksikan agenda tahunan ini. 

Sementara di alun - alun sedikitnya 1000 penari menyongsong kedatangan rombongan dengan gelaran Tari massal Dawet Ayu Banjanegara.

Saat 4 gunungan terhenti di tengah Alun - alun Banjanegara, tampak ribuan warga mulai bergerak maju mengelilingi gunungan tersebut walau belum ada aba - aba. 

Setelah para penari keluar dari arena (Alun - Alun) warga tampaknya tidak bersabar untuk mendapatkan berkah dari gunungan tersebut. Begitu diberikan aba - aba warga langsung menyerbu empat hubungan tersebut. Mereka tampak antusias mengambil sesuatu yang diinginkan sesuai hati nuraninya.

Ada yang mengambil sayuran seperti seledri, kentang, wortel, jagung dan hasil bumi lainnya. Sebagian lagi mengambil buku. Gunungan buku ludes, sayuran dan hasil bumi kain ludes. Warga berangsur membubarkan diri. Dan sebagian lagi menuju arena hiburan atau sekitar panggung hiburan dangdut.

Sementara Pj Bupati dan pejabat lain disambut dengan tari Gambyong atau tarian ucapan selamat datang kepada para penggede/pemangku wilayah .

Setelah dilakukan acara sakral penyemayaman Panji Pusaka Banjanegara kemudian kembali digelar sidang paripurna dipimpin ketua DPRD Banjanegara Ismawan Setya Handoko SE. Sidang selesai dilanjutkan dengan Sendratari Babad Tanah Banjanegara. Sendratari ini merupakan penutup kegiatan serangakain acara kirab Hari Jadi Banjanegara ke 452.

Usai sesi foto bersama, Pj Bupati menyampaikan, peringatan HUT Banjarnegara tahun ini berbeda sebelumnya.

Ada 25 kegiatan yang dimulai dengan lomba desain logo hari jadi Banjarnegara. Kemudian ada pengobatan gratis massal, off-road, golf, kirab dan prosesi hari jadi yang dimeriahkan oleh 1000 penari disusul resepsi hari jadi Banjarnegara Minggu malam.

Hiburan rakyat juga digelar ada pentas Dangdut, pertandingan tinju dan Festival Embek/kuda kepang. "Hiburan ini diharapkan dapat memberikan hiburan pada warga Banjanegara," katanya.

Tri Harso Widirahmanto berharap dalam usia 452 tahun, Banjanegara Bangkit dan Banjarnegara Sejahtera. Artinya kata Tri Harso, dengan berkolaborasi semua pihak termasuk masyarakat ikut serta membangun Banjanegara, maka Banjanegara akan semakin maju dan sejahtera.

Ia mengakui masih banyak masalah yang harus diselesaikan di Banjanegara. Diantaranya kemiskinan, stunting dan berbagai masalah kebencanaan alam.

"Maka dalam kesempatan ini kita sampaikan, ayo bersama - sama kita tuntaskan masalah - masalah ini. Kita sengkuyung untuk mengangkat potensi perekonomian yang ada," jelasnya didampingi Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjanegara Tursiman.

"Dengan ini semua kita berharap masalah di Banjanegara bisa kita tangani sehingga Banjarnegara semakin maju dan sejahtera," sambung Tri Harso Widirahmanto SH, Pj Bupati Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES