Indonesia Positif

BKSAP Harap Sidang IPU Bahrain Lahirkan Rekomendasi Konkret Terkait Climate Change

Selasa, 14 Maret 2023 - 18:40 | 50.55k
Anggota BKSAP DPR RI Ratih Megasari Singkarru. (FOTO: Dok. Tv Parlemen)
Anggota BKSAP DPR RI Ratih Megasari Singkarru. (FOTO: Dok. Tv Parlemen)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Ratih Megasari Singkarru berbicara mengenai perempuan dan isu perubahan iklim di sela-sela sidang Inter Parliementary Union (IPU) ke 146 di Manama, Bahrain. 

Ratih berharap, sidang IPU tahun ini bisa menjawab isu perubahan iklim yang kian dirasakan seluruh warga dunia. 

“Harapannya dari sidang ini semoga kita bisa menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang sangat konkret sekali kepada parlemen di seluruh dunia agar terkait climate change (perubahan iklim) bisa menjadi perhatian khusus karena ini sudah bukan katanya-katanya, ini memang sudah dirasakan, dan sangat berdampak sekali,” kata Ratih di Exhibition Warld Bahrain, Selasa (14/3/23)

Ratih berpandangan, peran perempuan dalam edukasi sangat penting, bahkan ia menyebutnya sebagai akar yang harus dibenahi dalam isu perubahan iklim. 

Ia lalu mencontohkan, Bali dengan ajaran penghormatan kepada alam serta di Jepang yang sejak usia dini anak-anak sudah diajarkan untuk mencintai lingkungan. 

“Ini menumbuhkan rasa untuk menjaga lingkungan,” tutur Anggota Fraksi Partai NasDem ini. 

Bagaimana dengan Indonesia? 

Ratih yang juga duduk di Komisi Pendidikan (X) DPR ini melihat, edukasi sadar lingkungan itu yang belum diterapkan di Indonesia.

“Makanya menurut saya ini peran yang sangat penting untuk Ibu-ibu karena sekolah itu, di luar sekolah, peran Ibu-ibu di rumah juga sangat penting. Sesimple jangan buang sampah sembarangan, menjaga lingkungan, itu harus dimulai dari rumah dan difollow up di sekolah. Ini juga menurut saya harus masuk di kurikulum,” pungkas legislator dapil Sulawesi Barat ini.

Di hari keempat IPU ini, selain Ratih, hadir Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon, Wakil Ketua Mardani Ali Sera, Hafisz Tohir, serta Anggota BKSAP Puteri Komarudin dan Adriana Dondokambey. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES