Indonesia Positif

Kedubes RI di Denmark Ajak Pelaku Wisata Nordik Nikmati Keindahan Ecotourism Banyuwangi

Jumat, 17 Maret 2023 - 15:37 | 41.32k
Wisatawan asal Nordik sedang mencicipi sajian kuliner khas Banyuwangi di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. (Foto: Laila Yasmin/TIMES Indonesia)
Wisatawan asal Nordik sedang mencicipi sajian kuliner khas Banyuwangi di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. (Foto: Laila Yasmin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Sejumlah pelaku wisata di negara kawasan Nordik (Eropa Utara) mengunjungi Banyuwangi. Kunjungan yang difasilitasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Denmark itu bertujuan untuk memperlihatkan berbagai potensi wisata Banyuwangi supaya dapat dipromosikan di negara asal mereka. 

Enam pelaku wisata asal Denmark dan Norwegia yang berprofesi sebagai agen travel, operator tur juga jurnalis tersebut berkesempatan melihat berbagai potensi wisata Banyuwangi, Jawa Timur. Selama dua hari, mereka dikenalkan berbagai hal tentang kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa tersebut. Mulai destinasi bahari, pegunungan hingga kekhasan kuliner.

“Selamat datang ke Banyuwangi, sebuah daerah yang mengandalkan ecotourism dalam aktivitas wisatanya. Tidak hanya destinasi alamnya yang sangat menarik dan menantang, kami juga memiliki kuliner dan seni budaya yang sangat kental tradisinya,” kata Asisten Perekonomian dan Kesra, Dwi Yanto yang mewakili Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat menerima mereka.

“Semoga pengalaman selama di Banyuwangi menarik bagi anda semua untuk mengenalkan Banyuwangi di negeri anda,” ujarnya.

Di antara yang hadir merupakan pelaku agen travel besar di kawasan Denmark. Dua jurnalis yang juga turut serta merupakan para freelancer yang tulisannya banyak menjadi rujukan bagi pembacanya. 

“Terima kasih kepada Kedubes Denmark, juga Pemprov Jatim yang terus berupaya mempromosikan Banyuwangi ke manca negara. Kami berharap, upaya-upaya promosi semacam ini akan berhasil dengan baik, meningkatkan minat dan kunjungan turis asing ke Indonesia, khususnya Banyuwangi,” kata Dwi Yanto. 

Sekretaris III Pejabat Fungsi Ekonomi Kedutaan Besar RI di Kopenhagen, Denmark, Rizka Azizah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan wisata Indonesia, khususnya Banyuwangi. Sebagai tetangga Bali, Banyuwangi sangat potensial dipromosikan.   

“Saya bilang pada mereka, ada beberapa wilayah di Jawa Timur yang tak kalah indah, salah satunya Banyuwangi. Karena itu sengaja kami bawa para agen travel, operator tur dan jurnalis ini kemari sebagai bagian dari promosi wisata mereka di negara-negara Nordik,” beber Azizah, Jumat (17/03/2023).

Dikatakan Azizah, selama di Banyuwangi para agen travel tersebut mengaku sangat menikmati petulangan mereka. Apalagi menurutnya, Bumi Blambangan tersebut sangat kaya dengan cerita-cerita rakyatnya yang ini sangat menarik bagi wisatawan Eropa. 

”Penduduk Denmark itu senang melakukan segala aktivitas yang menantang. Jadi begitu tahu kondisi alam Banyuwangi yang berbukit-bukit, ada pegunungan, perkebunan, pantai, dan lain-lain, mereka bersemangat untuk explore Banyuwangi. Bahkan mau spending time untuk waktu yang lama,” tuturnya.

Selama di Banyuwangi, selain mengunjungi sejumlah destinasi wisata, mereka juga menggelar business gathering bersama agen travel dan operator tur Banyuwangi. 

Lars Faursholt, owner dari Worldwide/Nick Tours – Denmark mengaku senang menginjakkan kaki di Banyuwangi.

“Kami senang diundang ke Banyuwangi. Sebuah tempat yang sangat unik. Makanannya enak, humble services, kotanya hijau, indah dan bersih, orang-orangnya ramah, budayanya menarik. Ini menjadi satu pengalaman tersendiri bagi kami. Kami akan ceritakan nanti setibanya kami di Denmark,”ujar Lars. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES