Indonesia Positif

Pengamat Sebut Erick Thohir Mampu Libatkan Anak Muda dalam Membangun Transformasi

Jumat, 17 Maret 2023 - 17:40 | 66.68k
Menteri BUMN Erick Thohir. (FOT; ist)
Menteri BUMN Erick Thohir. (FOT; ist)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir disebut telah berhasil libatkan anak muda dalam melakukan transformasi.

Hal itu dikatakan pengamat olahraga Fritz Simanjuntak saat bedah buku berjudul (Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir di Gelangang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Medan pada Rabu (15/3/2023).

"Keunikan pak Erick adalah berhasil melakukan transformasi ketika berada di titik terendah," jelasnya.

Keberhasilan Erick dalam melakukan transformasi itu, kata Fritz adalah bagaimana Erick Thohir dapat membawa peluang cabang olah raga untuk bisa meraih prestasi.

"Dia melakukan konsolidasi dengan tim bulu tangkis dan angkat besi, dua cabang yang sangat berpotensi meraih emas," kata dia.

"Terbukti di 2016 Indonesia berhasil meraih medali emas di Rio, saat dia menjadi NOC dan kemudian kembali lagi ke atas saat berhasil di Asian Games 2018," imbuhnya.

Bahkan, menurut Fritz, Erick Thohir dinilai sebagai sosok yang mampu mentransformasikan keberhasilannya ke orang lain.

"Sebagai pemimpin dia bisa mengeksekusi melalui orang lain, melalui anak-anak muda melakukan terobosan yang unik," jelas Fritz.

Hal yang sama juga diungkap penulis buku Abdullah Sammy dalam bukunya bercerita bagaimana Erick Thohir di masa kecil hingga kuliah, dan masuk ke dunia kerja sampai akhirnya menjadi Menteri BUMN.

"Dari tiga bagian itu kita bisa melihat proses kronologi yang membentuk Erick Thohir yang dan bagaimana dia belajar dan beradaptasi ketika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana" kata dia menjelaskan.

Menurut Sammy, semua yang dibangun Erick Thohir tidak ada yang instan.

Sammy menilai, semua yang dilakukan Erick dimulai dari titik terendah sebelum akhirnya mencapai titik tertinggi seperti sekarang.

"Di buku ini kita bisa belajar leadership, organisasi dan strategi managemen. Kita juga bisa melihat karakter sejati Erick Thohir melewati proses mendaki menuju titik sukses yang tentunya melelahkan," jelasnya lagi.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Haris Supriyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES