Indonesia Positif

Penuhi Gizi Anak, Pemkab Pulau Taliabu Salurkan Parcel Sehat untuk Warga

Sabtu, 18 Maret 2023 - 11:05 | 48.26k
Pemkab Pulau Taliabu melalui Dinas Kesehatan melakukan pembagian Parcel kepada masyarakat. (FOTO: Dinas Kesehatan Taliabu for TIMES Indonesia)
Pemkab Pulau Taliabu melalui Dinas Kesehatan melakukan pembagian Parcel kepada masyarakat. (FOTO: Dinas Kesehatan Taliabu for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TALIABU – Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu (Pemkab Pulau Taliabu), Maluku Utara terus berupaya mencegah terjadinya stunting pada anak yang rentan akan mengalami kekurangan gizi.

Melaluli Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Pemkab Pulau Taliabu menyalurkan Parcel kepada masyarakat di Desa Baringin Jaya, Kecamtan Taliabu Barat Laut.

Stunting sendiri merupakan masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak, yang menyebabkan tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya.

Atas hal itu, Pemkab Pulau Taliabu terus menerus bekerja pro-aktif dengan cara membagikan parcel sehat demi menekan angka stunting di Pulau Taliabu. Salah satunya di Desa Beringin Jaya, Taliabu Barat Laut ini.

Tidak hanya bagi parcel sehat, Dinas Kesehatan sendiri juga memberikan edukasi tata cara hidup sehat yang baik dan benar kepada setiap sasaran lokus stunting di 71 Desa se-Pulau Taliabu.

Kepala Dinas Kesehatan Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly mengatakan bahwa program percepatan penurunan stunting merupakan program Nasional . Olehnya itu, diharuskan keterlibatan semua pihak untuk mengontrol segala aktivitas ibu hamil, bayi dan balita demi memastikan asupan gizi yang dikonsumsinya benar-benar sehat.

"Kami bakal membuat sebuah program khusus yang didalamnya terdiri dari petugas gizi dan bidan di mana mereka bertugas mengontrol makanan balita secara door to door agar ibu hamil maupun bayi dan balita tidak lagi mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi,” katanya, Sabtu (18/3/2023).

Dirinya berharap, kegiatan tersebut bisa menjadi cerminan orangtua untuk menerapkan pola hidup sehat terutama soal asupan gizi terhadap bayi dan balita.

"Dengan adanya kegiatan ini, keluarga sasaran lokus stunting yang ada di Desa Beringin Jaya diharapkan memahami betapa pentingnya memperhatikan asupan protein harian untuk mencegah stunting,” harapnya.

Sekadar diketahui, pembagian parcel sehat yang berlangsung di Aula rakyat Desa Beringin Jaya itu dihadiri oleh Asisten I Pulau Taliabu M Syukur Boroe, Anggota DPRD Taliabu Ridwan Soamole, IPDA Yuni La Owi selaku Kasat Binmas Polres Pulau Taliabu dan Dahir Bura selaku Kepala Desa Beringin Jaya.

Juga hadir, Rahmat La Robo Babinsa Salati dan Beringin, Rahman Razak Babinkantibmas Salati dan Beringin, Dr. Desmansyah,.S.p.A Tim Pakar Stunting Kabupaten Pulau Taliabu juga selaku dokter spesialis anak, Mariasa La Mari Kepala Puskesmas Nggele Kecamatan Taliabu Barat Laut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES