Indonesia Positif

Hasan Arifin Minta Pemerintah Perbanyak Sekolah Negeri di Surabaya Utara

Sabtu, 18 Maret 2023 - 21:45 | 75.17k
Tokoh masyarakat Kawasan Tanah Merah, Surabaya Utara sekaligus Politikus Golkar Surabaya, Drs. Hasan Arifin saat menghadiri menghadiri peringatan Isra Miraj di kampung Tanah Merah Indah, Sabtu (18/3/2023). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Tokoh masyarakat Kawasan Tanah Merah, Surabaya Utara sekaligus Politikus Golkar Surabaya, Drs. Hasan Arifin saat menghadiri menghadiri peringatan Isra Miraj di kampung Tanah Merah Indah, Sabtu (18/3/2023). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Keberadaan sekolah negeri di Surabaya Utara sangat minim. Sementara pemerintah melalui kementerian pendidikan masih menerapkan sistem zonasi setiap tahun ajaran baru. 

Kondisi tersebut mengakibatkan siswa di sejumlah wilayah ini tidak dapat menjangkau pendidikan negeri di daerah luar ketentuan zonasi. Tokoh masyarakat Kawasan Tanah Merah, Surabaya Utara, Drs. Hasan Arifin pun angkat bicara. 

Menurut Hasan Arifin, Surabaya Utara hanya memiliki satu gedung SMA Negeri. Yaitu SMA Negeri 19 di Kedung Cowek. Sementara jumlah SMP Negeri hanya 2 unit. Gedung SMP Negeri berada di Wilayah Kenjeran. Hasan mengatakan, jumlah tersebut masih sangat minim jika dibandingkan cakupan penduduk kawasan pesisir tersebut.

Sedangkan jumlah SD Negeri juga masih minim dengan fasilitas kurang memadai. Warga Sidotopo Wetan itu mengatakan, hanya ada sekitar ada 4 SD Negeri di area tempat tinggalnya.

Padahal pendidikan sangat penting dalam membangun sumber daya manusia (SDM) di Area Surabaya Utara.

Oleh karena itu, Hasan Arifin berencana mengajukan permohonan kepada pemerintah kota maupun pemerintah provinsi. Ia merasa prihatin.

"Karena ini memang sangat kurang sekali. Jangankan di tingkat SMP, kalau SMP di sini masih ada sekitar di Kenjeran ada 2 sebetulnya itu pun juga kurang, kenapa? Wilayah di Kecamatan Kenjeran itu sangat banyak sekali kalau itu ditampung dalam 2 sekolahan itu kurang," kata politikus dari Partai Golkar Surabaya tersebut saat menghadiri peringatan Isra Miraj di kampung Tanah Merah Indah, Sabtu (18/3/2023).

Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Kota Surabaya ini mengatakan, telah berupaya melakukan komunikasi dengan berbagai pihak agar dapat menambah jumlah sekolah negeri di wilayahnya.

Hasan berpendapat, di tiap kecamatan yang ada di Kenjeran seharusnya ada 2 sampai 3 SMA Negeri untuk menampung siswa yang berasal dari Surabaya Utara. Namun kondisi sekarang hanya terdapat 1 SMA Negeri maka banyak wali murid di wilayahnya akhirnya menyekolahkan anaknya di sekolah swasta.

Untuk itulah apabila dia diberikan amanah menjadi wakil rakyat, maka ia akan berusaha memenuhi jenjang pendidikan dengan menambah SMA Negeri di Surabaya Utara khususnya Wilayah Kenjeran, agar masalah zonasi bisa terselesaikan dengan baik.

"Kalau pendidikan itu terpenuhi, tempat-tempat pendidikan terpenuhi Insya Allah nanti akan tercover hal itu nantinya," tegasnya.

Selain menyoroti kurangnya SMA Negeri, Hasan juga memperhatikan kondisi infrastruktur dan ekonomi kerakyatan di wilayahnya yang kurang terkelola dengan baik.

"Yang lebih parah adalah Kecamatan Pabean Cantikan, parahnya selokan-selokan pada buntu semua tertimbun dengan tanah. Makanya nanti kita perlu kerjasama dengan pemerintah Kota Surabaya memerlukan pengerukan dan sebagainya dan menata selokan-selokan yang ada di wilayah itu," terangnya.

Jika ke depannya Hasan diberi amanah menjadi wakil rakyat, maka dia juga akan berfokus menyelesaikan permasalahan lalu lintas yang ruwet di kawasan Pegirikan, yang sering menjadi perhatian netizen Surabaya.

"Traffic di sana itu tidak berfungsi secara optimal, kenapa! Setelah kita selidiki dan kita amati di sana itu banyak pihak-pihak misalnya yang berwajib misalnya polisi itu jarang, istilahnya menjaga maka nantinya apabila saya selaku ditakdirkan oleh Allah menjadi dewan maka nanti akan bekerjasama dengan pihak-pihak yang terkait," terang Dr Hasan Arifin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES