Indonesia Positif

Dinas PMD Gresik Dorong Dana Desa untuk Pemulihan Ekonomi

Minggu, 19 Maret 2023 - 08:42 | 64.94k
Kepala Dinas PMD Gresik Abu Hassan bersama Kades Morobakung Manyar Muhammad Askur Farid saat meninjau stand pameran pasar rakyat dan UMKM (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Kepala Dinas PMD Gresik Abu Hassan bersama Kades Morobakung Manyar Muhammad Askur Farid saat meninjau stand pameran pasar rakyat dan UMKM (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) mendorong pemerintah desa menggunakan dana desa untuk pemulihan ekonomi.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas PMD Abu Hassan saat melaunching Pasar Rakyat Pameran Produk UMKM di Desa Morobakung, Kecamatan Manyar, Sabtu (18/3/2023) malam kemarin.

"Dana desa bisa untuk kegiatan pemulihan ekonomi karena program prioritas pemerintah setelah dua tahun Covid-19," katanya.

Abu Hassan  mengapresiasi langkah Pemdes Morobakung yang menggelar pasar rakyat. Adanya pasar rakyat jangan sampai mematikan usaha-usaha rumahan yang sudah ada. 

"Bila perlu, pelaku usaha tersebut dapat penyertaan modal dari pemerintah desa," imbuhnya.

Kedepan, tambah Abu Hassan, Bumdes Mandiri Morobakung juga harus menjalin kerjasama dengan Bumdes sekitar. 

"Bila perlu ada kolaborasi dengan membuat Bumdesma. Sehingga nanti stand UMKM penjualan meningkat," ujar dia.

Sementara itu, Kades Morobakung Muhammad Askur Farid mengatakan keberadaan pasar rakyat diharapkan bisa memfasilitasi pelaku UMKM yang ada di desa. Sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. 

"Ada sekitar 30 stand, semua penjualnya berasal dari Desa Morobakung dan standnya gratis," ungkap Askur.

Ide awal pasar rakyat, kata Askur, berangkat dari banyaknya pelaku UMKM yang ada di desanya. Untuk itu, sebagai tanggungjawab Pemdes Morobakung melalui Bumdes mencoba melakukan pendampingan dan fasilitasi. 

"Kemarin yang ngurus NIB (Nomor Induk Berusaha, red) UMKM ada 90 orang. Sehingga kami mencoba mengumpulkan UMKM dengan berjualan di jalan depan Balai Desa," ucapnya. 

"Insyaallah ini buka setiap hari. Dari pagi sampai malam. Tapi nanti akan kami evaluasi," imbuhnya.

Askur optimis keberadaan pasar rakyat akan mampu menarik banyak pengunjung. Apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan.

"Kalau puasa orang banyak mencari takjil dan makanan untuk buka puasa. Pasti omset penjualan semakin meningkat," tegasnya. 

Ketua Bumdes Mandiri Morobakung Dia Kurniawati menambahkan, pasar rakyat yang digagas ini diharapkan mampu memberikan solusi masyarakat yang memiliki usaha untuk bisa bersinergi.

"Ini kami fasilitasi gratis kepada warga yang memiliki usaha UMKM, jadi tidak perlu membayar sewa tenda," ujar Dia.

Selain usaha pasar, Dia menyatakan Bumdes juga akan mengembangkan usaha penyewaan alat pertanian serta membeli hasil panen petani kemudian dijual ke masyarakat menjadi beras.

"Tentu dengan harga kompetitif karena kami menyerap hasil panen petani dan beras kami kemas kemudian dijual ke masyarakat desa," tutupnya menanggapi Dinas PMD Gresik dorong dana desa untuk pemulihan ekonomi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES