Indonesia Positif

Pemkot Peringati HUT Kota Gorontalo ke-295

Minggu, 19 Maret 2023 - 13:08 | 76.81k
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menjadi inspektur upacara peringatan  Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Gorontalo yang ke-295 yang dilaksanakan di lapangan taruna remaja. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menjadi inspektur upacara peringatan  Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Gorontalo yang ke-295 yang dilaksanakan di lapangan taruna remaja. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALO – Pemerintah Kota Gorontalo memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Gorontalo yang ke-295 yang jatuh pada hari ini, Minggu (19/3.2023). HUT Kota Gorontalo ke-295 dirayakan melalui Upacara Bendera yang dilaksanakan di lapangan taruna remaja yang dihadiri seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ribuan masyarakat Kota Gorontalo. 

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha yang menjadi inspektur upacara peringatan HUT Kota Gorontalo ke-295 mengatakan, bahwa pada 19 Maret tahun 1728 lalu, merupakan hari lahirnya Kota Gorontalo yang sebagai wilayah administrasi suap praja yang tertuang dalam haluan peraturan daerah tahun 1996. Meski begitu, katanya, sebelum tahun 1728, Kota Gorontalo sudah ada dalam bentuk kerajaan.

“Sebelum tahun 1728, sebenarnya Kota Gorontalo sudah ada yang ditandai dengan kelompok-kelompok masyarakat yang membentuk kerajaan. Antara lain, dari Suwawa hingga Boalemo yang berubah menjadi tiga afdeling, yaitu afdeling Kwandang, Gorontalo, dan afdeling Boalemo,” kata Marten Taha dalam sambutannya.

Perjalanan tersebut, kata Marten, yang menjadi tonggak sejarah dan historis pembentukan Gorontalo menjadi Kota Gorontalo sampai dengan saat ini yang diakui secara administrasi yang merupakan kota praja di era tahun 1960-an. Kataya, dalam sistem pemerintahan, Kota Gorontalo dengan kepala daerah yang berganti setiap periodenya telah membawa perubahan yang signifikan. 

Untuk itu, kata Marten, melalui kesempatan peringatan Kota Gorontalo ke-295 ini, dirinya mengajak seluruh warga Kota Gorontalo termasuk ASN selaku mesin penggerak birokrasi pemerintahan agar bisa secara aktif dan produktif mensukseskan berbagai program dan kegiatan yang ditetapkan dengan parameter dan indikator untuk dicapai setiap tahunnya. 

“Bertolak dari sejarah momentum Kota Gorontalo ke-295, hal ini menjadi spirit dengan mengusung tema sentra untuk meningkatkan kemandirian daerah, pulihkan ekonomi dalam mewujudkan masyarakat sejahtera. Tema ini mengandung maksud dan mengajak pada kita semua untuk meningkatkan kemandirian dalam segala bidang,” jelasnya

Selanjutnya, kata Marten, pulihkan ekonomi merupakan ajakan untuk kita semua termasuk seluruh OPD di lingkungan Pemerintahan Kota Gorontalo untuk bersatu padu dalam mencapai tujuan pemulihan ekonomi yang bertanggung jawab dalam menjaga keberlanjutan hak-hak dasar masyarakat atas krisis ekonomi dan krisis pangan.

Selain itu, katanya, momentum HUT Kota Gorontalo ke-295 sangat mewarnai wajah kota yang semakin tangguh dan berdaya saing di berbagai bidang yang dibuktikan dengan berbagai prestasi yang didapatkan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, maupun lembaga-lembaga yang berkompeten atas pengakuan kinerja Kota Gorontalo dari tahun tahun.

“Untuk itu, kita harus syukuri atas kinerja kita semua ini, namun kita tidak harus merasa puas dengan keberhasilan itu, karena tantangan dan hambatan yang kita temui harus diperbaiki di tahun-tahun akan datang,” ucap Marten Taha

Meski begitu, melalui kesempatan ini, Marten menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung untuk tetap optimis, kreatif, dan inovatif untuk memajukan Kota Gorontalo. Katanya, terobosan baru, optimis, kreatif, dan inovasi menjadi kunci utama meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya merasa bangga, dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh yang terlibat, khususnya panitia HUT Kota Gorontalo ke-295 ini yang telah bekerja secara maksimal walaupun penuh dengan kesederhanaan, dan keterbatasan anggaran, tapi sangat sukses melaksanakan kegiatan ini yang dikemas dengan berbagai lomba,” tutup Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES