Indonesia Positif

DPR RI Minta Tumpahan Aspal 1.900 Ton di Laut Nias Utara Segera Ditangani

Rabu, 22 Maret 2023 - 20:41 | 46.60k
Anggota DPR RI Martin Manurung - (FOTO: Martin Manurung Center)
Anggota DPR RI Martin Manurung - (FOTO: Martin Manurung Center)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anggota DPR RI Martin Manurung menyayangkan lambatnya penanganan tumpahan aspal di laut Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara akibat kapal kandas pada pertengahan Februari 2023 lalu.

Menurut Martin, tumpahan aspal atau bitumen seberat 1.900 ton  tersebut telah menjadi limbah yang sangat serius di lautan Nias Utara. Sehingga sudah sepatutnya KLHK ikut ambil alih penanganannya.

“Kejadian ini sudah satu bulan lebih. Saya pantau terus namun hingga saat ini belum ada penanganan yang serius. Hanya sebatas mengecek namun tidak ada tindakan,” ujar Legislatif dari Sumut II itu dalam keterangan tertulis, Rabu 22 Maret 2023.

Lanjut Martin, pertanggungjawaban atau ganti rugi dari pemilik kapal memang hal yang perlu ditegakkan. Namun penanganan untuk meminimalisir kerusakan biota laut yang ada di sana, merupakan hal paling serius dan harus segera dilakukan.

“Penegakkan hukum itu perlu. Tapi penyelamatan biota laut kita itu juga sangat penting dan harus diutamakan. Ada ribuan nelayan kita bergantung hidup dari laut yang ada di sana,” tegas Ketua DPP Partai NasDem itu.

Secara pribadi, Martin juga mengatakan akan meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) segera ambil tindakan untuk mencegah dampak kerusakan ekosistem yang lebih besar.

“Menurut saya, Kementerian LHK harus serius menangani ini agar tidak berlarut-larut,” tegasnya.

Sebuah tanker pengangkut bahan mentah aspal atau bitumen seberat 1.900 ton karam pada Sabtu (11/2), dan mencemari perairan Nias Utara, Sumatera Utara. Tumpahan bitumen itu kini semakin meluas hingga radius 70 kilometer dan telah mencapai ke kawasan konservasi di perairan Toyolawa-Lahewa. 

Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu mengatakan tumpahan bitumen itu turut mengancam lokasi yang kerap dijadikan penyu sebagai pendaratan di kawasan Pantai Tugala Oyo hingga Faekhuna’a di Kecamatan Afulu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES