Indonesia Positif

Kemenag Kalteng Libatkan Madrasah dan Ponpes Isi Konten Syiar di Bulan Ramadan

Selasa, 28 Maret 2023 - 16:29 | 33.30k
Pembuatan konten syiar Islam selama Ramadan 2023 oleh Kemenag Kalteng. (Foto: Kemenag Kalteng)
Pembuatan konten syiar Islam selama Ramadan 2023 oleh Kemenag Kalteng. (Foto: Kemenag Kalteng)

TIMESINDONESIA, PALANGKA RAYA – Sejumlah terobosan dilakulan Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah untuk mengisi syiar di bulan ramadan 2023. Sejumlah lembaga pendidikan keagamaan Islam digandeng oleh Kemenag setempat untuk menyemarakkan dan mengisi syiar Ramadan 2023.

Konten tersebut di antaranya berisi video pembelajaran di lembaga pendidikan Alquran, madrasah diniyah takmiliyah, dan pondok pesantren dan penjelasan tentang sejumlah pengetahuan keagamaan Islam.

Lembaga yang dilibatkan di antaranya TK Alquran Darussa’adah, Rumah Tahfidz Raisa, TK Alquran Daruttaqwa dan Madin Takmiliyah Darur Rahman. Pondok Pesantren Iqra dan Al Wafa juga bakal dilibatkan dalam syiar Ramadan 2023 Kanwil Kemenag Kalkmantan Tengah.

Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam Kemenag Kalteng, Elly Saputra mengatakan, pembuatan video konten Islami yang melibatkan sejumlah lembaga pendidikan keagamaan itu dimaksudkan untuk menyemarakkan suasana bulan Ramadan 2023.

Termasuk menyebarluaskan sejumlah pengetahuan keagamaan Islam. "Ada unsur dakwah dalam pembuatan konten Islami itu karena para pengisinya memaparkan beberapa pengetahuan keagamaan Islam yang dikemas dalam bentuk pembelajaran bersama para santri,” kata Elly, Selasa (28/3/2023)

Terpisah, pengelola Rumah Tahfidz Raisa, ustadzah Bella menjelaskan, pihaknya menyajikan tentang metode tilawati dalam pembelajaran membaca Alquran. Termasuk sejumlah metode pembelajaran lain yang diterapkan di lembaga yang berada di Jalan Meranti, Palangka Raya itu.

Sementara ustadzah Rimbawati, Kepala TPA Darussa’adah menuturkan, dalam konten yang disebarluaskan melalui saluran media sosial Kemenag Kalteng itu pihaknya menunjukkan tentang penjelasan seputar puasa Ramadan 2023.

“Kami menyampaikan tentang apa itu puasa dan seputar pengetahuan dasar puasa, diselingi dengan tanya jawab bersama para santri,” jelas Rimbawati.

Pembuatan konten itu digagas oleh Gondo, pegawai pada Bidang Papkis, dan Rahmat Fauzi, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Kalteng. Berbagai konten syiar Islam tersebut dibuat untuk menyemarakkan Ramadan 2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES