Indonesia Positif

Kembali Digelar Terbuka, Puluhan Kostum Unik Meriahkan Kediri Exotic Carnival 2023

Senin, 01 Mei 2023 - 18:49 | 134.26k
Para peserta Kediri Exotic Carnival 2023 (yobby/Times Indonesia)
Para peserta Kediri Exotic Carnival 2023 (yobby/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Puluhan remaja dalam balutan kostum unik, Senin (01/05/2023) menjadi pusat perhatian masyarakat yang tengah menghabiskan waktu di kawasan wisata Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri.

Ini adalah kali pertama setelah pandemi covid-19 mereda, Kediri Exotic Carnival (KEC) kembali digelar dengan semarak dan berlangsung di ruang publik.  Sebelumnya pada tahun 2022 lalu, KEC sudah digelar kembali. Namun untuk kalangan terbatas dan hanya digelar di halaman SMKN 1 Ngasem. 

Tahun ini jarak yang ditempuh sepanjang kurang lebih 2 km, menempuh rute dari kawasan wisata Simpang Lima Gumul sampai SMKN 1 Ngasem, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Untuk tahun 2023 ini tema yang diusung bebas namun mengendepankan kearifan lokal. 

Kediri-Exotic-Carnival-2023-b.jpgPara peserta Kediri Exotic Carnival 2023 (yobby/Times Indonesia) 

Para peserta kebanyakan mengusung konsep budaya asli Kediri dan asal masing-masing yang  dipadukan dengan desain-desain unik dan cantik.  Salah satu yang jadi favorit peserta, adalah konsep Garuda dengan ciri khas sayap yang cukup lebar. Kostum-kostum unik itu dibuat sendiri oleh para pelajar yang menjadi peserta. 

Peserta dari SMKN 1 Ngasem, terutama kelas 10 mendapatkan bimbingan dalam membuat kostum sebelum turut ambil bagian dalam Kediri Exotic Carnival. Tahun sebelumnya workshop tersebut juga diikuti anak-anak yang duduk di kelas 11 dan 12. "Jadi satu kelas minimal menampilkan satu kostum," tukas Waka Humas SMKN 1 Ngasem Iwan Wahyudi. 

Destika Susanti yang mengusung konsep elang Jawa melalui kostumnya menuturkan kostum yang dipakainya merupakan hasil kerjasama teman-teman sekelas. Tidak hanya ide kreatif tapi juga biaya. 

Kediri-Exotic-Carnival-2023-c.jpgPara peserta Kediri Exotic Carnival 2023 (yobby/Times Indonesia)

"Persiapan hampir satu bulan. Mulai dari membenahi bagian yang rusak, juga menambah ide baru sehingga bisa tampil lebih berbeda," ujar siswi kelas 11 itu. 

Tidak hanya para peserta dari tingkat SMK/SMA, para peserta dari tingkat SMP juga tidak kalah kreatif dalam membuat kostum. Mengusung konsep burung Merak yang memiliki bulu-bulu yang indah, Kalista  perlu waktu setidaknya 8 hari untuk membuat kostumnya. 

Mulai dari nol dengan memanfaatkan bahan koran bekas, bambu dan pita. "Mulai dari konsep kostum, make up dan body painting dikerjakan sendiri oleh anaknya, saya hanya membantu," ujar Mulya, ibu dari Kalista. 

Ajang Kediri Exotic Carnival diikuti sekitar 80 orang peserta. Terbagi menjadi dua kategori Kediri Exotic Carnival dikawal juri-juri yang telah berpengalaman di bidang  kostum karnaval. Untuk peserta umum, banyak yang datang dari luar Kabupaten Kediri.

"Untuk peserta umum tahun ini ada 22 peserta. Yang terjauh dari Lumajang," kata Ketua Panitia Kediri Exotic Carnival 2023 Samsul Duha.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES