Indonesia Positif

HUT Pattimura Ke-206, Gubernur Ajak Terus Berbakti dan Berkarya demi Kemajuan Maluku

Senin, 15 Mei 2023 - 22:30 | 69.69k
Upacara peringatan HUT ke-206 Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura pada Tahun 2023 Provinsi Maluku, di Pattimura Park Ambon, Senin (15/5/2023). (FOTO: Diskominfo Maluku for TIMES Indonesia)
Upacara peringatan HUT ke-206 Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura pada Tahun 2023 Provinsi Maluku, di Pattimura Park Ambon, Senin (15/5/2023). (FOTO: Diskominfo Maluku for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, AMBON – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-206 Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura pada Tahun 2023 di Provinsi Maluku, digelar Upacara Kehormatan yang berpusat di Pattimura Park Ambon, Senin (15/5/2023).

Bertindak selaku pemimpin upacara Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, dan komandan upacara atau kapitan upacara Letkol Inf Rudolf G Paulus.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Maluku yang dibacakan oleh Pangdam, disampaikan bahwa, spirit perjuangan Pattimura, yang tidak tunduk dan menyerah kepada kolonialisme Belanda, walau tantangan datang silih berganti, namun bermodalkan parang salawaku dan bambu runcing, didorong oleh semangat serta gelora perjuangan yang membara, Pattimura dan rekan-rekan seperjuangannya terus maju pantang mundur.

“Hal ini menunjukkan pada kita semua bahwa semangat juang dan patriotisme adalah kekuatan yang membawa kemenangan. Nilai-nilai perjuangan inilah yang patut terus dikobarkan dan digelorakan khususnya pada kaum muda sebagai generasi penerus bangsa, Pattimura-Pattimura muda harus bangkit dan terus berjuang untuk negeri Maluku tercinta dan untuk Indonesia Raya,” tegasnya.

Dirinya juga menyampaikan, tantangan dan ancaman yang dihadapi Pattimura-Pattimura masa kini adalah era revolusi industri 4.0, dimana dunia semakin kompetitif diberbagai bidang, perjuangan saat ini tidak lagi perjuangan fisik melainkan perjuangan yang mengandalkan otak dan karakter.

“Untuk itu kita perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai tantangan dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan penguasaaan teknologi serta ilmu pengetahuan. Khusus kepada generasi muda saya harapkan untuk terus mengembangkan potensi diri dan hasilkan inovasi sesuai bidang dan talenta masing-masing,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, Tema Perayaan Hari Pattimura “Teladani Pahlawanmu, Cintai Negerimu, untuk Indonesiaku” artinya dengan meneladani para pahlawan maka kita semua mempunyai tanggungjawab yang sama untuk membangun bangsa dan negara.

“Tokoh internasional John F Kennedy pernah berkata jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu tetapi tanyakan apa yang kamu tanyakan kepada negara. Kutipan ini hendak menegaskan komitmen dan tekad untuk memberi yang terbaik bagi bangsa dan negara tercinta Indonesia,” tutupnya.

Ia pun berterima kasih dan mengapresiasi semua pihak yang terus merawat dan menggelorakan api Pattimura, kiranya perayaan HUT Pattimura ini menyemangati kita untuk terus berbakti dan berkarya demi kemajuan Maluku dan Indonesia,” tutupnya.

Hadir sebagai peserta upacara HUT Pattimura Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Drs Murad Ismail, Forkopimda Provinsi Maluku, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Maluku dan Kota Ambon, Sekretaris Daerah Maluku, Penjabat Walikota Ambon serta Forkopimda, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi dan Kota Ambon, Organisasi Wanita, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Latupati dan Raja-Raja se-Kota Ambon, beserta unsur lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES