Indonesia Positif

Calon Maba Jalur Umum Polbangtan Malang Jalani Tes Wawancara

Rabu, 17 Mei 2023 - 15:33 | 45.18k
Suasana tes wawancara calon mahasiswa Polbangtan Malang. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Suasana tes wawancara calon mahasiswa Polbangtan Malang. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Calon mahasiswa baru Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) yang berhasil lulus seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk jalur umum tengah berjuang kembali di tahap berikutnya.

Tahapan kedua ini adalah tes wawancara. Sebagai salah salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah naungan Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Polbangtan Malang saat ini sedang menggelar seleksi wawancara bagi peserta pendaftaran mahasiswa baru jalur umum yang telah dinyatakan lulus seleksi CAT beberapa waktu lalu.

Melalui metode wawancara yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kepribadian, motivasi, dan minat calon mahasiswa dalam komunikasi lisan dan kemampuan pengetahuan dibidang pertanian. 

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo meyakini melalui pendidikan vokasi pada Polbangtan akan hadir para petani milenial yang berkualitas.

“Dengan pendidikan vokasi, kami berharap hadir petani milenial yang mampu memberikan inovasi dalam pertanian, karena bagaimana pun, masa depan pertanian berada di pundak generasi milenial,” katanya.

Polbangtan-Malang-3.jpg

BPPSDMP terus mengoptimalkan peran pendidikan vokasi dengan memberi kesempatan kepada generasi milenial untuk melanjutkan pendidikan di sektor pertanian dengan biaya ditanggung oleh pemerintah dalam hal ini Kementan.

Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi mengungkapkan, petani milenial sangat potensial untuk melanjutkan pembangunan pertanian di Indonesia., 

“Mereka (milenial) rata–rata cerdas dan adaptif terhadap teknologi.dan siap memasuki era pertanian 4.0. Mereka mampu menjadikan pertanian yang lebih maju, mandiri, modern, dari hulu hingga hilir," kata Dedi.

Dari ribuan peserta yang mendaftar, sebanyak 487 orang peserta yang lolos administrasi jalur umum PMB Polbangtan Malang Tahun Akademik 2023/2024 mengikuti seleksi CAT.

Sebanyak 283 orang yang dinyatakan lolos selesi CAT yang selanjutnya mengikuti tes wawancara akan dibagi menjadi 16 tim pewawancara. 

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana menjelaskan bahwa ada 283 peserta dari jalur umum yang lolos ketahap wawancara. Proses wawancara dilakukan melalui daring kepada calon mahasiswa baru Polbangtan Malang yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

"Meski sistem virtual namun esensinya tidak jauh berbeda dengan tatap muka. Berpakaian rapi. Teknis tatap muka tetap diberlakukan per-orangan di waiting," katanya.

Tahun ini Polbangtan Malang menerima 210 mahasiswa baru yang terbagi dalam 3 program studi (prodi). Tiga prodi tersebut yakni Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, dan Agribisnis Peternakan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES