Indonesia Positif

Berkah Pelaku Seni Kabupaten Blitar Saat Pendaftaran Bacaleg, Raup Untung hingga Jutaan Rupiah

Rabu, 17 Mei 2023 - 16:45 | 32.48k
Pertunjukan Reog di halaman KPU Kabupaten Blitar saat pendaftaran Bacaleg Pemilu 2024 (Foto : Nur Al Ana/TIMES Indonesia)
Pertunjukan Reog di halaman KPU Kabupaten Blitar saat pendaftaran Bacaleg Pemilu 2024 (Foto : Nur Al Ana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Sejumlah pelaku seni di Blitar banjir untung saat masa pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Blitar. Hal itu karena banyaknya  permintaan dari partai politik untuk menggunakan jasa mereka. 

Partai politik yang mendaftarkan Bacaleg nya ke KPU sengaja membawa pelaku seni tradisional untuk  mengiringi rombongan. Mulai dari kesenian reog, jaranan hingga barongsai menjadi andalan Parpol. 

Salah satu pelaku seni yang digunakan jasanya oleh Parpol adalah kesenian  Reog Rini Sakti asal Kecamatan Garum Kabupaten Blitar.

Harini, Ketua Sanggar Reog Rini Sakti mengatakan, saat pendaftaran Bacaleg 1 hingga 14 Mei lalu telah ada dua Parpol yang menggunakan jasa pertunjukan keseniannya. Yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Nasional (PKN). 

"Alhamdulillah bisa menghibur sekaligus dapat untung juga," ujar Harini ditemui di sanggarnya, Rabu (17/5/2023).

Dia menambahkan, untuk sekali tampil, tarif yang dipatok berbeda-beda. Mulai dari Rp 3 juta sekali tampil. Hal ini bisa mengganti sepinya job selama masa pandemi Covid-19. 

"Kemarin kan saat pandemi kita sepi, ya ini hitung-hitung bisa jadi ganti," terangnya. 

Kata Harini, meski mengiringi Parpol, namun tidak ada tendensi politik sama sekali dan murni sebagai pertunjukan seni saja. Pihak Parpol yang menggunakan jasa mereka membebaskan untuk menunjukkan kesenian tradisional tanpa ada unsur paksaan tertentu, bahkan hingga mengarahkan untuk memilih Parpol atau calon tertentu. 

"Murni menghibur saja, kami berkreasi sesuai dengan yang biasa kami pertunjukkan. Tidak ada arahan untuk hal-hal tertentu," paparnya. 

Pantauan di Kantor KPU Kabupaten dan Kota Blitar, mayoritas Parpol memang menggunakan jasa pelaku seni. Paling banyak adalah kesenian barongan dan jaranan. 

Hal itu sempat memancing para warga sekitar untuk berkumpul memadati area Kantor KPU saat pendaftaran Bacaleg beberapa waktu lalu. Mereka datang untuk melihat hiburan gratis yang dipertontonkan para pelaku seni tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES