Indonesia Positif

Polbangtan Malang Seminarkan Proposal Penelitian Dosen

Senin, 22 Mei 2023 - 15:16 | 38.88k
Seminar proposal penelitian dosen di Polbangtan Malang, Selasa (16/5/2023) lalu. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Seminar proposal penelitian dosen di Polbangtan Malang, Selasa (16/5/2023) lalu. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sektor pertanian memiliki peran yang strategis bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Meski dihadapkan adanya kemungkinan krisis pangan yang besar akibat ancaman El nino dan tantangan krisis global. Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan berbagai upaya melahirkan inovasi baru dalam menghadapi tantangan tersebut agar produksi untuk penguatkan cadangan pangan meningkat, sehingga inflasi bisa dijaga.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan sektor pertanian akan semakin kuat jika didukung oleh riset dan inovasi yang berkelanjutan.

"Setiap inovasi yang dihasilkan merupakan potensi masa depan untuk membuka lapangan pekerjaan. Untuk itu, hasil penelitian dan teknologi yang direkayasa dapat diadopsi pada sektor pertanian dan sektor industri serta dapat dimanfaatkan untuk mendukung Program Strategis Kementan,” kata Mentan SYL.

Senada dengan pernyataan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan inovasi diperlukan untuk menggenjot produktivitas.

“Harus ada inovasi untuk menggenjot produktivitas, sehingga kesejahteraan petani pun bisa ditingatkan. Dan ini menjadi tujuan pertanian, yaitu meningkatkan kesejahteraan petani, selain tentunya menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat,” ujar Dedi

Mengaplikasikan arahan tersebut, Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) dalam penguatan peran menjalankan salah satu tridharma perguruan tinggi yaitu penelitian dan pengabdian masyarakat, memacu semangat setiap dosen dalam mengembangkan inovasi pertanian.

Sebanyak 12 rancangan inovasi pertanian yang kini sedang digarap pada tahap pelaksanaan riset oleh masing-masing kelompok dosen. 

Sebelum melakukan penelitian secara langsung pada titik lokasi yang telah ditentukan, setiap topik yang diusung dilakukan review bersama melalui seminar proposal agar hasil penelitian yang dituju dapat tepat sasaran dan membawa dampak positif pada pembangunan pertanian.

Pada kesempatan tersebut Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat mewakili Direktur Polbangtan Malang, Suhirmanto mengatakan bahwa kegiatan penelitian menjadi sesuatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap dosen untuk melahirkan ide-ide inovatif.

“Seminar proposal ini sebagai sarana diskusi antara peneliti atau pengabdi dan reviewer, sehingga penelitian atau pengabdian yang dihasilkan semakin berkualitas,” ungkap Suhirmanto.

Suhirmanto juga berharap hal ini dapat meningkatkan kinerja prodi dan juga untuk mendukung akreditasi unggul institusi.

Kegiatan ini mengundang Setiyo Yuli Handoyo, SP., MP., MBA dan Dr. Ir. Irfan H Djunaidi, MSc, IPM, Asean Eng dari Universitas Brawijaya, serta Dr. Atekan MSi dari Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Jawa Timur, sebagai reviewer untuk me-review proposal penelitian dosen. Kegiatan Seminar Proposal ini juga bertujuan untuk memperoleh masukan dari para reviewer untuk menyempurnakan pembahasan penelitian para dosen.

Ragam topik penelitian yang akan dilaksanakan, diyakini mampu mendongkrak produktifitas pertanian di Indonesia dan membawa perubahan yang mengarah pada kesejahteraan masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES