Indonesia Positif

Akhir Bulan Ini, Revitalisasi Alun-Alun Kota Kediri Rencana Mulai Dikerjakan 

Rabu, 24 Mei 2023 - 21:37 | 126.99k
Alun-Alun Kota Kediri (foto: Yobby/TIMES Indonesia)
Alun-Alun Kota Kediri (foto: Yobby/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Proses revitalisasi alin-alun Kota Kediri dijadwalkan akan dilakukan pada akhir bulan Mei 2023 ini. 

Kepala Dinas PUPR Kota Kediri, Endang Kartikasari mengungkapkan Pemerintah Kota Kediri menyiapkan pagu anggaran sebesar Rp. 23.834.000.000 yang  bersumber dari APBD Kota Kediri untuk pengerjaan revitalisasi alun-alun Kota Kediri.

Pembangunan fisik akan dilakukan oleh Surya Graha Utama – KSO, dengan dibawah pengawasan PT. Pilarempat Consultan. Pengerjaan sendiri ditargetkan akan selesai dalam waktu 7 bulan mendatang. 

“Akhir Mei ini, insyaallah kita mulai pembangunannya dan ditargetkan selesai pada bulan Desember 2023 mendatang,” jelas Endang, Rabu (24/5/2023).

Sementara itu menurut plt. Kepala DLHKP Kota Kediri Anang Kurniawan konsep yang diusung dalam revitalisasi alun-alun Kota Kediri akan lebih mengedepankan fungsi awalnya sebagai sebuah alun-alun, menjadi sebuah ruang terbuka hijau untuk  memenuhi kebutuhan sosialisasi masyarakat. 

Nantinya alun-alun baru diharapkan menjadi sebuah lapangan terbuka yang luas dan dapat digunakan untuk menunjang segala kegiatan masyarakat. “Dengan demikian, fungsi sosial dari alun-alun ini bisa kembali hidup,” tuturnya. 

Untuk patung Mayor Bismo yang sudah menjadi ikon dari alun-alun Kota Kediri akan tetap dipertahankan. Mengingat keberadaannya sudah sangat melekat erat di hati masyarakat sebagai ikon dari alun-alun Kota Kediri.

Lebih lanjut, tidak hanya mengedepankan fungsi sosial dan rekreasi saja, wajah baru alun-alun Kota Kediri ini nantinya juga mempertimbangkan fungsi ekonomi pula. Pemkot Kota Kediri sudah merancan untuk menyediakan pujasera yang bisa dimanfaatkan oleh para pedagang kaki lima untuk berjualan.

Alun-alun Kota Kediri sendiri selama ini sudah menjadi sentra kuliner kaki lima tujuan utama masyarakat. Tidak hanya warga Kota Kediri saja melainkan juga sekitar Kota Kediri.

Selama proses pembangunan Alun-Alun Kota Kediri berlangsung, para PKL akan menempati sentra PKL sementara yang berada di ruas jalan sebelah selatan Alun-Alun Kota Kediri, atau tepat di belakang Dhoho Plaza.

Di ruas jalan tersebut, pada sisi kiri dan kanan jalan telah diberi tenda khusus serta ada satu titik yang menjadi tempat makan dan hiburan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES