Indonesia Positif UIN Malang

Siapkan Lulusan Ke Dunia Kerja, CDC UIN Malang Gelar Workshop Pengembangan Karir

Kamis, 25 Mei 2023 - 19:16 | 41.70k
Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA saat membuka workshop Masuk Perusahaan Bereputasi internasional, bagi mahasiswa dan alumni, di Aula Rektorat Lantai 5, Kamis (25/5/2023). (Foto: Dok. UIN Maliki Malang)
Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA saat membuka workshop Masuk Perusahaan Bereputasi internasional, bagi mahasiswa dan alumni, di Aula Rektorat Lantai 5, Kamis (25/5/2023). (Foto: Dok. UIN Maliki Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Lembaga Career Development Center (CDC) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki Malang) menyelenggarakan workshop pelatihan pengembangan karir bertajuk Masuk Perusahaan Bereputasi internasional, bagi mahasiswa dan alumni, di Aula Rektorat Lantai 5, Kamis (25/5/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para peserta agar lebih kompetitif di dunia kerja. Workshop ini menghadirkan 2 praktisi profesional di dunia kerja, seperti Founder of Talents Mapping, Rama Royani serta HR Generalist di PT. Pura Barutama Surabaya Representative Office, Putri Norma Sita.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, menyampaikan bahwa pembekalan seperti ini sangat penting untuk diberikan kepada mahasiswa, khususnya yang berada ditingkat akhir, dan para alumni yang sedang mencari kerja.

Dia mengatakan, CDC UIN Maliki Malang selalu memantau statistik penyerapan alumni di dunia kerja. Untuk mengetahui apakah mereka telah menempati dunia kerja, baik sebagai guru, dosen, atau tenaga profesional lainnya.

"Sebagai pendidikan yang maju dan bereputasi, sangat penting bagi UIN Maliki Malang bahwa tidak ada alumni yang menganggur. Kami berharap para alumni dapat menempati dunia kerja sesuai harapan. Oleh karena itu, proses input dan outputnya harus tetap dipantau," ucap Rektor.

Selain itu, pendidikan karakter melalui pembelajaran di Ma'had dan kampus juga diharapkan dapat memberikan pembelajaran terbaik bagi mahasiswa. Pentingnya proses input yang baik dalam pendidikan ini, menurutnya menjadikan harapan agar para mahasiswa dapat lulus tepat waktu, tidak melebihi 8 semester, dan menghindari pengangguran setelah lulus.

Dalam dunia kerja yang dinamis, pencari kerja dituntut untuk lebih fleksibel dan memiliki soft skill yang luar biasa. Rektor pun menekankan, agar para alumni tak malu untuk bekerja di bidang apapun. Karena menurutnya yang penting adalah memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

"Menurut hasil penelitian, 80 persen kemampuan soft skill sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, sedangkan pengaruh hard skill hanya sebesar 20 persen. Perusahaan juga mencari karyawan yang jujur dan amanah," pungkas Prof Zainuddin.

Ketua CDC UIN Maliki Malang, Dr. M. Hambali, M.Ag, menjelaskan Acara ini difasilitasi untuk meningkatkan jenjang karir sesuai dengan visi kampus yang ingin unggul dan bereputasi internasional. Dengan mengikuti workshop pengembangan karir ini, diharapkan para peserta dapat membaca peluang dan memperluas jaringan. 

Dia yakin, para mahasiswa yang hendak lulus tentu membutuhkan informasi terkait peluang di dunia kerja. Dengan adanya dua narasumber profesional ini, peserta diharapkan dapat memperoleh pencerahan dan strategi jitu dalam menjalin hubungan yang luas di dunia kerja profesional.

"Untuk itu, saya minta para peserta fokus mengikuti workshop ini agar bisa belajar bagaimana membuat CV dan memanfaatkan aspek skill yang dimiliki saat membuat wawancara dan CV ketika mereka mencari pekerjaan," pintanya.

Hambali berharap, mahasiswa dan alumni UIN Maliki Malang dapat meningkatkan persiapan diri, mengembangkan keterampilan yang relevan, serta memanfaatkan peluang karir yang ada untuk meraih kesuksesan di dunia kerja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES