Indonesia Positif

Ketua Perbasi Jatim: Pangdam V Brawijaya Pemimpin Merakyat dan Dicintai Rakyat

Jumat, 26 Mei 2023 - 08:19 | 57.09k
Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf MA dan Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Toni Harmanto pose bersama saat pembukaan Tournament Basketball Pangdam V Brawijaya di Gedung Hayam Wuruk, Surabaya. (Foto : Sarifah Latowa/TIMES Indonesia)
Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf MA dan Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Toni Harmanto pose bersama saat pembukaan Tournament Basketball Pangdam V Brawijaya di Gedung Hayam Wuruk, Surabaya. (Foto : Sarifah Latowa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia Jawa Timur ((Perbasi Jatim) Grace Evi Ekawati mengaku sangat senang bisa bekerja sama dengan Pangdam Mayjen TNI Farid Makruf dalam melaksanakan Basketball Tournament Pangdam V Brawijaya 2023. 

Menurut Grace, pelaksanaan Basketball Tournament Pangdam V Brawijaya ini adalah suatu kejutan buat dirinya. Mengapa demikian? Karena, lanjut Grace, selama dirinya menjabat sebagai Ketua Perbasi Surabaya dari tahun 2016 hingga kini menjabat Ketua Perbasi Jawa Timur, baru kali ini digelar Basketball Tournament Pangdam V Brawijaya.

Ketua Perbasi Jatim  yang biasa disapa Evi ini bercerita kalau dirinya sempat kaget didatangi Jajaran Kodam V Brawijaya dua minggu lalu. Ternyata, mereka datang diutus oleh Pangdam untuk membicarakan rencana pelaksanaan turnamen ini. 

Pangdam-V-Brawijaya-b.jpg

“Dirinya lalu bertanya ada angin apa Ketua Perbasi didatangi jajaran Pangdam? Mereka pun menjawab. Mereka datang diperintah Pangdam Farid Makruf untuk membicarakan rencana pelaksanaan Tournament Basketball Piala Pangdam,” ujar Evi, dalam keterangan yang diterima Jumat (26/5/2023).

Mereka pun mengaku bingung mengapa Pangdam tiba-tiba minta dibuatkan event bola basket. Ide Pangdam itu muncul saat dirinya melewati lapangan bola basket. 

“Kami bingung, bapak itu hanya lewat lapangan Brawijaya tiba-tiba langsung bilang buatkan dia event basket. Itulah alasan kami datang ke sini menemui Ibu untuk membicarakan rencana pelaksanaan turnamen bola basket,” kata Evi menirukan ucapan salah satu anggota Pangdam yang diutus menemui dirinya. 

Setelah pertemuan itu, Evi langsung gerak cepat mempersiapkan teknis event itu. Ketika itu Pangdam meminta agar panitia pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Perbasi sendiri. Pangdam men-support semua kebutuhan yang dibutuhkan sehingga kegiatan tersebut dapat terselenggara. 

“Kami bersyukur dengan hadirnya Mayjen Farid Makruf di Kodam V Brawijaya akhirnya turnamen ini bisa terwujud. Saya kagum kepada beliau. Pemimpin yang luar biasa, merakyat dan dicintai rakyat, dan mau merangkul Perbasi,” kata Ketua Perbasi Jatim penuh semangat.

“Pangdam keren bangat, hangat, humble, dan peduli kepada masyarakat,” tandasnya. 

Untuk itu, Evi berterimakasih kepada Pangdam Farid Makruf yang telah bersedia mengadakan event ini. Dengan adanya kegiatan ini, anak-anak mendapat sertifikat yang ditandatangani Pangdam. Menurut Ketua Perbasi Jawa Timur ini, dengan tanda tangan Pangdam ini sangat membantu anak-anak. 

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf mengatakan, turnamen bola basket ini diselenggarakan untuk mengembangkan dan meningkatkan pembinaan cabang olah raga basket di Jawa Timur.

Dengan demikian, kata Pangdam, dapat melahirkan bibit atlet bola basket yang berbakat dan mampu mengharumkan nama baik Provinsi Jawa Timur pada kejuaraan yang lebih tinggi di tingkat nasional maupun internasional. 

“Saya berharap anak-anaku di sini bisa jadi penerus atlet basket nasional dan mengharumkan nama Indonesia di kancah International,” kata Pangdam disambut riuh tepuk tangan peserta dan penonton yang hadir menyaksikan pembukaan turnamen bola basket. 

Selain mencari bibit atlet berbakat, event ini juga dilaksanakan untuk mengisi waktu pelajar dengan kegiatan positif.  

Mantan Danrem 132 Tadulako itu juga berterimakasih kepada seluruh panitia, khususnya untuk Ketua Perbasi Jawa Timur yang telah bekerja keras sehingga turnamen bola basket ini dapat terlaksana dengan meriah.

Pangdam-V-Brawijaya-c.jpg

Terakhir Pangdam Mayjen TNI Farid Makruf mengucapkan selamat bertanding kepada para peserta yang mengikuti event tersebut. Tunjukkan kemampuan terbaik kalian, dengan menjunjung tinggi nilai sportivitas. 

“Anak-anaku sekalian selamat bertanding. Junjung tinggi sportivitas,” tegasnya.

Dalam sebuah pertandingan, lanjut Pangdam, akan ada yang menang dan kalah. Bagi yang menang jangan berpuas diri, tapi terus berlatih. Bagi yang kalah jangan berputus asa, tapi anggap ini adalah kemenangan yang tertunda. 
“Latihan terus, tingkatkan kemampuan kalian maka kalian akan mencapai level yang terbaik,” pesan Pangdam.

Pangdam berjanji ke depan dirinya akan berkolaborasi dengan Kapolda Jawa Timur untuk membuat turnamen bola basket yang lebih besar lagi dengan melibatkan 36 klub se-Jawa Timur.

“Setelah ini saya janji kita buat kolaborasi Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jawa Timur untuk 36 klub. Nanti kita pilih waktu yang terbaik supaya 36 klub ini bisa berlaga untuk memperebutkan piala Pangdam dan Kapolda,” ungkapnya.  

Pertandingan Basketball Tournament Pangdam V Brawijaya 2023 yang digelar Perbasi Jawa Timur ini diikuti 16 klub pelajar se-Jawa Timur yang berlangsung mulai 25-28 Mei 2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES