Indonesia Positif

UB Malang Berhasil Menang Dua Kategori di Satria Data 2023

Kamis, 24 Agustus 2023 - 17:05 | 65.04k
Wakil Rektor 3 UB Malang, Dr Setiawan Noerdajasakti, SH., MH, saat berfoto bersama tim mahasiswa UB yang ikut dalam Kompetisi Satria Data 2023. (Foto: Dok. UB Malang/TIMES Indonesia)
Wakil Rektor 3 UB Malang, Dr Setiawan Noerdajasakti, SH., MH, saat berfoto bersama tim mahasiswa UB yang ikut dalam Kompetisi Satria Data 2023. (Foto: Dok. UB Malang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Selain menjadi tuan rumah kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) 2023, Universitas Brawijaya (UB) Malang juga berhasil menang dalam dua kategori.

Kompetisi yang digelar oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) ini diikuti oleh 625 mahasiswa dari 57 Perguruan Tinggi dengan 34 program studi.

Kegiatan yang berakhir, Kamis (24/8/2023) hari ini, UB Malang berhasil memenangkan dua kategori, yakni The Most Impressive Presentation dari divisi Big Data Challenge (BDC)  dan The Best Presentation dari divisi Statistika Essay Competition (SEC).

"Alhamdulilah kontingen UB mendapat dua Honourable Mention dari 5 finalis. Ini kerja keras mahasiswa dan dosen pelatih," ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa (WR 3) UB, Dr Setiawan Noerdajasakti, SH., MH, Kamis (24/8/2023).

Ia merasa bersyukur dan gembira dengan perolehan yang didapat oleh UB selain pihaknya menjadi tuan rumah kompetisi Satria Data 2023.

Dengan ini, ia berharap kedepan khususnya bagi Fakultas MIPA bisa lebih giat mendorong mahasiswanya di bidang Statistika untuk lebih meningkatkan kompetensi.

"Itu sangat diperlukan untuk lebih mengasa potensi mahasiswanya di bidang Statistika," ungkapnya.

Ia juga berencana di tahun kedua nantinya, Satriawan akan lebih mengonsentrasikan bidang Statistika. Sebab, lawan-lawannya cukup berat dari berbagai Perguruan Tinggi hebat, seperti halnya Institus Pertanian Bogor (IPB).

"Ini menjadi salah satu perhatian saya di tahun kedua nanti untuk lebih konsentrasi terhadap bidang statistika ini," bebernya.

"Sebab ini ternyata perlu perhatian serius, karena pesaingnya banyak dari perguruan tinggi yang bagus, seperti IPB," tandasnya.

Seperti berita sebelumnya, kegiatan Satria Data 2023 yang diadakan oleh BPTI ini mengusung tema "Innovating with Data: Merdeka Menginspirasi, Menciptakan Solusi dan Membangun Negeri".

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menciptakan para praktisi data scientist agar mampu bersaing dalam dunia industri modern.

Babak final dari kompetisi Satria Data 2023 ini diikuti oleh 122 mahasiswa yang terbagi dalam beberapa kategori, yaitu Statistic Essay Competition (SEC) terdiri dari 13 timbdengan jumlah 39 mahasiswa, Big Data Challenge (BDC) terdiri dari 12 tim 35 mahasiswa, Statistic Infografic Competition (SIC) terdiri dari 12 tim 36 mahasiswa serta Nasional Statistic Competition (NSC) individu dengan 12 mahasiswa. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES